MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-BASYARIYAH

Main Article Content

R. Naila Imtiyazi
Helmiyatunnisa Fauziyah
Amira Munaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis manajemen peserta didik di pondok pesantren Al-Basyariyah sebagai institusi pendidikan Islam modern. Pondok Pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan memperkuat nilai-nilai keagamaan peserta didiknya. Namun, dengan perkembangan zaman dan tantangan pendidikan yang semakin kompleks, manajemen peserta didik di Pondok Pesantren menjadi aspek yang krusial dalam memastikan penyelenggaraan pendidikan yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengelola pondok pesantren, staf pengasuh, dan peserta didik. Observasi langsung juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik manajemen peserta didik di pondok pesantren Al-Basyariyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di pondok pesantren Pondok Pesantren melibatkan beberapa aspek, termasuk seleksi penerimaan peserta didik, pengelolaan data peserta didik, pembinaan akademik dan keagamaan, serta tindak lanjut terhadap prestasi dan perkembangan peserta didik. Dalam pengelolaan peserta didik, Pondok Pesantren mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan Islam yang meliputi pendekatan tarbiyah (pembinaan), tahfidzul Qur'an (penghafalan Al-Qur'an), serta pendidikan karakter. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam manajemen peserta didik di pondok pesantren. Tantangan tersebut meliputi kapasitas sumber daya manusia yang terbatas, kurangnya akses terhadap teknologi pendidikan, serta perubahan kebutuhan dan harapan peserta didik yang beragam. Dalam rangka meningkatkan manajemen peserta didik, artikel ini memberikan rekomendasi yang mencakup peningkatan pelatihan dan pengembangan staf pengasuh, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan data peserta didik, serta pengembangan program pembinaan yang holistik dan responsif terhadap perkembangan peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astuti 2021 Manajemen Peserta Didik Adara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 11, No.2

Hadiyanto, H. (2013). Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter.

Jasmani, (2015). Pendidikan Multikulturalisme Di Era Modern (Dialektika Kritis Pendidikan Islam Monokotomik). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 11(1), 80-104.

Karnati, G. d. (2021). Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah: Systematic Literature Review. Intizar , 127-135.

M. Aditya Firdaus, S. R. (2022). Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam Islamic Management. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.

Pahriati, J. d. (2019). Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Palangkaraya (Tinjauan Sisi Analisis Kebutuhan Peserta Didik). Jurnal Transformatif, 183 - 214.

Ramadhan, H. M. (2019). Perbandingan implementasi nilai-nilai karakter Islami santri: Penelitian di Pesantren Al Basyariyah dan Pesantren Daarul Qolam Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ramayulis, &. N. (2010). Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Kalam Mulia.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 61-85.

Sukarti, Nasihin dan Sururi., 2008 Manajemen Peserta Didik, Bandung : Al-Fabeta

Tim Dosen Adminitrasi Pendidikan 2011 Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Troisi, J. D. (2015). Student Management Teams Increase College Students’ Feelings of Autonomy in the Classroom. College Teaching, 83–89.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.