Sistem Seleksi Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-‘Ashr Al-Madani

Main Article Content

Cecep Anwar
Euisy Dwi Nur Fadhilah
Cucu Hamin

Abstract

Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya. Unsur-unsur yang ada di dalamnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di pondok pesantren, salah satu unsurnya ialah sumber daya manusia khususnya pengajar. Salah satu pondok pesantren yang telah berkontribusi di Indonesia adalah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-‘Ashr Al-Madani, dalam rangka memajukan dan mengembangkan pesantren agar menjadi lebih baik, pimpinan pondok pesantren melakukan penyeleksian ulang serta membuka perekrutan calon pengajar baru di pondok pesantren tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari manajemen sumber daya manusia di PPTQ Al-‘Ashr Al-Madani, dan bagaimana dampak dari sistem manajemen sumber daya manusia terhadap program pembelajaran di PPTQ Al-‘Ashr Al-Madani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah dalam upaya menjaga dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran di PPTQ Al-‘Ashr Al-Madani, pimpinan pondok pesantren mengambil langkah tegas untuk melakukan penyeleksian ulang terhadap para pengajar yang sudah ada. Kemudian, pengurus pondok pesantren membuka perekrutan untuk calon pengajar yang baru dengan syarat dan kriteria tertentu. Agar memaksimalkan sumber daya manusia yang telah malalui tahap seleksi baik pengajar yang lama maupun yang baru, dilakukan penyusunan ulang dalam beberapa aspek seperti dalam manajemen pengelompokan kelas dan kurikulum yang diterapkan agar seluruh santri mampu memperoleh pelayanan belajar yang maksimal. Dampak yang dirasakan dari proses penyeleksian pengajar ini, diantaranya: 1) lebih mudah dalam pengelompokan kelas, 2) lebih mudah melakukan pengontrolan dan pengawasan, 3) menumbuhkan rasa tanggung jawab dan 4) kompetensi santri lebih baik dan memenuhi target.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Noor. n.d. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Kasus. Jepara.

A’yun, Imron, and Arifin. 2019. “Rekrutmen Tenaga Pendidik Di SMA.” Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian Dan Pengembangan 4 (7).

Baharudin. 2023. “Analisis Manfaat Perencanaan Pendidikan Dalam Otonomi Daerah Pada Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Di Kecamatan Babelan.” Jurnal Ilmia Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17 (2).

Djaelani, Mustofa. 2010. Metode Penelitian Bagi Pendidik. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Fahham, Achmad Muchaddam. 2020. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter Dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute.

Hasibuan, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jurdi, Fatahullah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Pengelolaan SDM Berkualitas Dan Berdaya Saing. Malang: Intrans Publising.

Kurniadin, Didin, and Imam Machali. 2014. Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Ar-Ruzz Media.

Prasetio, Arif Partono, Fetty Poerwita Sary, and Rolyana Ferinia. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis. Sleman: Tell-U Press.

Rusdiana, Ahmad, and Tatang Ibrahim. 2020. Manajemen Pengembangan Human Capital. Bandung: Yarama Widya.

Sinurat, Siti Normi. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Kompetensi Manajerial. Yogyakarta: Expert.

Suhariadi, Fendy. n.d. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendekatan Teoretis-Praktis. Surabaya: Airlangga University Press.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulfatin, N. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo.