Kepemimpinan Perempuan Pada Lembaga Pendidikan Perspektif Al-Qur’an

Main Article Content

Ia Siti Aisyah
Majidah Aqifah Mania

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan al-Qur’an terhadap kepemimpinan perempuan dalam lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kini lebih tergantung pada kesiapan fisik dan mental baik laki-laki maupun perempuan secara terencana ke arah profesionalisme dari pada hanya keterampilan, warisan, pengalaman, dan mental laki-laki. Karena pada dasarnya al-Qur’an tidak melarang perempuan menjadi seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan Untuk menghasilkan kualitas kepemimpinan yang baik, maka semua program harus melalui proses perencanaan, analisis, dan pengembangan yang sistematis. Sehingga tercipta Kepemimpinan yang sesuai dengan al-Qur’an. Selain itu mengacu pada al-Quran surah An-Nisa ayat 34, dengan penafsiran Quraish Shihab melakukan pendekatan kontekstual serta tidak meninggalkan sisi sosiologis, kepemimpinan tidaklah didasarkan pada perbedaan jenis kelamin bahwa sebuah struktur masyarakat akan tercapai jika kepemimpinan berada di tangan orang yang memiliki kompetensi. Jadi Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kompetensi kepemimpinan wanita juga dapat menciptakan kepemimpinan yang efektif pada lembaga Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arifudin. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 767-757.

Darmawan. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Hanafiah. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abadi Masyarakat, 213-220.

Masykuroh, N. (2020). Wanita Dan Politik. Banten: Media Karya Publishing. Banten: Media Karya Publishing.

Mayasari. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsiniah, 167-175.

Rahayu. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Murodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 99-106.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 332-338.

Tanjung. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JII-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 291-296.

Taufiqurohman. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Kimia Berbasis Permainan Monopoli pada Sub Materi Zat Aditif pada Makanan Terhadap Hasil Belajar SiswaSMP Kelas VII. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan.

Ulfah. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 153-161.

Yunita. (2012). Kapita Selekta Kimia I. Bandung: CV Insan Mandiri.

Yunita. (2018). Alternatif Strategi Mengajar (ASM) Kimia. Bandung: CV. Insan Mandiri.