ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN MENGENAI PERENCANAAN SERTA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI SNBT BERBASIS KURIKULUM GANDA (Studi Kasus di Kelas XII SMA

Main Article Content

Muthia Nur Annisa
Rifqy Muhammad Ihsan
Rizki Nur Amaliah

Abstract

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil dan menahan persaingan yang semakin ketat untuk akses ke perguruan tinggi. Adapun guru/tenaga pendidik yang memegang tugas serta bertanggung jawab terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar terlebih dalam menggapai tujuan dari sector pendidikan itu sendiri yakni menjadikan serta membentuk karakteristik anak bangsa. Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama serta mengembangkan ilmu yang didapat hingga akhirnya anak bangsa bisa membuat Indonesia semakin makmur. Kurikulum sebagai bagian dari sistem pendidikan senantiasa menjadi perhatian masyarakat, termasuk pejabat pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, orang tua, dan pihak kedua yang menjalin hubungan dengan sector pendidikan. Oleh karena itu pengembang kurikulum (termasuk guru/tenaga kependidikan) harus mampu menyusun kurikulum dengan benar. Mengembangkan kurikulum yang baik dan benar memerlukan kemampuan menganalisis dan memperbaiki kekurangan serta alternative yang dicari guna memecahkan suatu permasalahan. Dalam menjalankan peran, tugas dan tanggung jawabnya, pendidik dengan berbagai alasan tidak sepenuhnya fokus pada pekerjaannya, dan perannya membimbing peserta didik pada tingkat penyelesaian tidak terpenuhi secara profesional. Bisa dibilang begitu. Masuk ke posisi kerja. Banyak masalah yang menyebabkan rendahnya kinerja pendidik di lembaga pendidikan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan materi SNBT berdasarkan studi kasus Kurikulum Ganda Kelas XII SMA IT Insan Sejatera. Maka dari itu karya tulis ini dibuat guna mengavaluasi serta mengkaji kompetensi penilaian kinerja guru atau pendidik dengan menggunakan studi kasus mahasiswa pascasarjana tentang penyediaan materi terkait SNBT oleh pendidik. Saya memiliki. Pada penelitian ini populasi terdiri dari seluruh lulusan SMA angkatan 2022/2023 yang berjumlah 31 siswa, dan sampel terdiri dari 5 siswa dan 4 guru yang diwawancarai secara tatap muka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Muthia Nur Annisa, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Rifqy Muhammad Ihsan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Rizki Nur Amaliah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05).

Arwildayanto., ettall. Bab, I. V. (2018). Kebijakan pendidikan. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN, 133.

Gunada, I. W., Ayub, S., Makhrus, M., & Abadi, M. (2023). Pelatihan Tes Penalaran Matematika Bagi Siswa SMA Untuk Menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 179-185.

Mawaddah, W. (2016). Penerapan Kurikulum Ganda Pengajaran PAI di Satu Sekolah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Kota Tangerang Selatan).

Prastowo, A. (2018). Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Jip (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(2), 111-125.

Ridwan, M. 2017. Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193-206:

Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197-208.

Sriyati, S. 2022. Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2) 74-83:

Susilo, G., &Nur’aini, T., A. 2018. Pengaruh Tes Potensi Akademik siswa terhada prestasi belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matermatika, 4(1), 21- 28: