HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS MANAJEMEN SEKOLAH DI SMP KARYA BUDI CILEUNYI)

Main Article Content

Moch Andi Permana
Aqsha Cahya Abdilah
Pipit Puspita Sari

Abstract

Adanya beberapa permasalahan tata kelola dalam kelas yang ditemui dilapangan masih terdapat siswa yang mengobrol ketika guru sedang menjelaskan, memainkan handphone, dan suasana kelas gaduh saat pembelajaran berlangsung, maka pentingnya guru untuk mengatur ruang kelas untuk menciptakan suasana kelas yang efektif dan efisien, dalam mendorong siswa untuk berkembang dan mewujudkan tujuan pendidikan dan cita-citanya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas pengelolaan kelas, motivasi belajar siswa, dan hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di SMP Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan beberapa jenis korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul,  teknik analisis data digunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis subindikator, uji anteseden (uji normalitas dan linearitas), dan uji korelasi dengan menggunakan korelasi Pearson dan diolah dengan menggunakan program SPSS. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mempunyai hubungan  positif terhadap motivasi belajar siswa, dengan tingkat signifikansi 0,000 <  0,05. Karena koefisien korelasi Pearson sebesar 0,182 dan angka tersebut tidak bertanda negatif (-), maka hubungan kedua variabel  searah dan positif artinya semakin tinggi/baik. Dengan manajemen kelas yang baik maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Moch Andi Permana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Aqsha Cahya Abdilah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Pipit Puspita Sari, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Argian, M. (2019). HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

Arianto. (2018). Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Program studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Darma, W. (2020). Manajemen kelas berbasis Mindfulness (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 6(1), 1–14.

Khoiriyah, U. (2018). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 1 Jombang. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49–64.

Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2021). Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 144–155.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Jurnal Tarbawi, 4(1), 27–44.

Nurdiyati. (2021). Hubungan Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 12 Palopo. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Purnawan, R., Anra, Y., & Rahman, K. A. (2018). PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 08(02), 340–357.

Saraswati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 4 Luwu Timur. MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahrani. (2018). Manajemen Kelas yang Humanis. Jurnal Al-Risalah, 14 (1), 57–74.

Umniah, H. F. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Punggur. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DANILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Yeni j, F., Zen, Z. & D. (2018). Penelitian Pendidikan. Prenandamedia Group.