SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI MTsN 2 BANDUNG

Main Article Content

Hidayat
Entik Sudrajat

Abstract

Proses pendidikan tersebut dikenal dengan istilah hakikat pendidikan. Tanpa kualitas pengajaran, tidak ada yang namanya pendidikan. Harus ada pengawasan yang jelas terhadap penerapan sistem tersebut dalam pengelolaan, baik dari sisi pendidik maupun tenaga kependidikan. Karena kebutuhan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan di madrasah, Pendidikan Nasional telah mencanangkan sejumlah inisiatif yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara umum melalui pengawasan program akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterlaksanaan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa untuk mencapai tujuan supervisi akademik di madrasah yang efektif dan efisien dengan dikelola secara sistematis, yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) tindak lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik telah diterapkan dengan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandung. Kepala madrasah membuat perencanaan program supervisi akademik diawal tahun pelajaran dengan menyusun jadwal supervisi dan team supervisor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Hidayat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Entik Sudrajat , UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka CiptaBadrudin. (2013). Dasar-dasar Manejemen. Bandung: Alfabeta

Batlajery, Semuel. 2016. Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial. Vol 7. Nomor 2. 20 hal.

Creswell, W. John. 2013. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Dibyantoro,Santoso, Syarif. 2017. Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SMK Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Kependidikan. 11 hal. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas Tahun 2008

Dwi, Astratini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Supervisi Akademik Melalui Pendampingan Dan Supervisi Manajerial. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol 1. Nomor 1. 5 hal

Engkoswara dkk. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Fathurrohman, Pupuh dkk. 2015. Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. Fattah, Nanang. 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasibuan, Melayu. 2011. Manajemen: Dasar, Penegertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Heridiansyah, Jefri. 2012. Manajemen Kinerja Sebagai Media Perubahan. Jurnal STIE Semarang. Vol 4. Nomor 3. 9 hal.

Jahari, Jaja. 2013. Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta

Juliani, Djohar, Retno. 2011. Model, Pendekatan, Dan Teknik Supervisi Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Niaga FISIP Universitas Pandanaran. 15 hal.

leniwati, dkk. (2017). Implementasi Supervisi Akademi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol 2. Nomor 1. 9 hal.

Maralih. 2014. Peranan Supervisi Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Qathruna. Vol 1. Nomor 1. 21 hal.

Marsellina, Rezy. (2014). Persepsi Guru Tentang Proses Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 2. Nomor 1. 12 hal.

Maulid, Ahmad. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Pengembangan Tenaga Pendidik Terhadap Kinerja Guru.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

Mubaroh, Muhammad. 2015. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah. 11 hal.

Murniyati, dkk. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol 3. Nomor 1. 19 hal

Mustafid, Dedy, dkk. 2016. Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MIN 2 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 4. Nomor 2. 13 hal.

Nugraha, Safwandy, Mulyawan. 2015. Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 9. Nomor 1. 30 hal.

Nurfatah, dkk. (2018). Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolahi. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol 3. Nomor 1. 11 hal

Olivia, Puren, Sella. 2018. Implementasi Supervisi Akademik di MAN 2 Kota Bandung (Skripsi Sarjana). Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Prasojo, Lnatip Diat, dkk.2015. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media. Rohiat, dkk. 2017. Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol 11. Nomor 1. 7 hal.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta. Sepriadi, dkk. (2017). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Terhadap Kinerja Guru Di SMK PGRI Tanjung Raja. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol 2. Nomor 1. 21 hal.

Sufiatun. (2016). Supervisi Akademik Oleh Pengawas. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Vol 5. Nomor 2. 12 hal.

Sukry. 2015. Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 3. Nomor 2. 12 hal.

Suryani, Cut. 2015. Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16 (1). 23-42

Syarif, S.D. (2017). Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Kependidikan. Vol.7. 10 hal.