Supervisi Manajerial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandung Barat dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumedang

Main Article Content

Ai Ina Afifah Munawaroh
Asep Irfan Fanani
Hilmy Ahmad Putranto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bandung Barat dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumedang. Aspek manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), termasuk supervisi, menjadi krusial dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini fokus pada implementasi supervisi manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bandung Barat dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sumedang. Supervisi manajerial mencakup perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pelaporan, dan tindak lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan supervisi melibatkan prasupervisi untuk membangun komunikasi yang baik dan penilaian kinerja kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi mencakup teknik seperti supervisi individual, kunjungan kelas, dan observasi. Penilaian supervisi dilakukan berdasarkan pedoman khusus, seperti Keputusan Menteri Agama No. 624 Tahun 2021. Pelaporan supervisi melibatkan analisis, penyusunan laporan, dan presentasi. Tindak lanjut hasil supervisi mencakup identifikasi tindakan perbaikan, perencanaan tindak lanjut, monitoring, evaluasi, evaluasi diri, dan pelaporan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang praktik supervisi manajerial di dua madrasah, memperkuat upaya meningkatkan efektivitas manajemen pendidikan Islam di tingkat dasar. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan kebijakan, implementasi praktik terbaik, dan peningkatan mutu pendidikan di lembaga serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ai Ina Afifah Munawaroh, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam

Asep Irfan Fanani, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam

Hilmy Ahmad Putranto, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam

References

ACADEMIA.EDU: “Tindak Lanjut Dan Pelaporan Hasil Supervisi Manajerial” diakses dari https://www.academia.edu/33373362/Tindak_lanjut_dan_pelaporan_hasil_supervisi_majerial. pada tanggal 24 mei 2023 pukul 11:30.

Alder (1999:3) Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan Jln. Hang Lekir I, No. 8, Senayan, Jakarta Pusat, 10270.

Asmendri dalam Prof A Rusdiana 2023 Pengawasan Dan Evaluasi Pendidikan. Pustaka Tresna Bhakti Bandung 2020.

Becker (2000) dalam DR. Taufiqurokhman. 2008:3 Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan Jln. Hang Lekir I, No. 8, Senayan, Jakarta Pusat, 10270.

Bintoro Tjokroaminoto (2008:3) Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan Jln. Hang Lekir I, No. 8, Senayan, Jakarta Pusat, 10270.

Dede Mudzakir, 2016. Implementasi Supervisi Manajerial dan Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. STUDIA DIDKATIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan

Departemen Agama RI. 2003. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Dr. Taufiqurokhman. 2008 ” Konsep Dan Kajian Ilmu Perencanaan Jln. Hang Lekir I, No. 8, Senayan, Jakarta Pusat, 2008.

Joni, Syarwani. AR. & Djailani, & Ibrahim, Sakdiah. PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA DI KOTA BANDA ACEH. Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Prodi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh (hal.150-151).

Larasati 2019 Afriansyah, Proses dan Teknik Supervisi. Retrieved November 20, 2019.

Meriza. Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Aliyah. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 4, Juli 2015, hlm. 526-535.

Rusdiana, Ahmad. 2013. Buku Bahan Ajar Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan. Cet.1. Jur MPI.Tarbiyah & Keguruan.

Sumarto. 2020. Supervisi Pendidikan Islam. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi.