MANAJEMEN STRATEGIS HUBUNGAN MASYARAKAT SEKOLAH DI SMA PGRI RANCAEKEK

Main Article Content

Raya Oktavia
Ara Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen strategis hubungan masyarakat di SMA PGRI Rancaekek. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategis hubungan masyarakat di SMA PGRI Rancaekek dapat berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Konsep dasar manajemen strategis hubungan masyarakat di sekolah meliputi empat elemen utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah harus mampu mengintegrasikan semua sumber daya pendidikan, termasuk tenaga pendidik, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang perlu diatasi, seperti kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah dan citra negatif sekolah di mata masyarakat atau media. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih intensif dan terintegrasi dalam mengelola hubungan masyarakat di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini, manajemen strategis hubungan masyarakat di sekolah dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan mengelola hubungan masyarakat dengan baik, sekolah dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, memperbaiki citra sekolah di mata masyarakat atau media, serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan mutu sekolah melalui manajemen hubungan masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199-207.

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18-29.

Murni. (2017). "Konsep Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan Islam." Intelektualita 1, no. 5.

Rahmat. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Mika julianti. (2021). Manajemen. Strategi. Hubungan. Masyarakat. dalam Meningkatkan. Minat Calon. Siswa. Bersekolah. di Yayasan Surban. MTs Pacet. Mojokerto. Continous education, 2(2).

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Juhdi dkk. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Administrasi Hubungan Sekolah Dan Masyarakat, Prinsip Dan Teknik Administrasi Hubungan Sekolah Dan Masyarakat, Proses Administrasi HUSEMAS (penyusunan Program, Pelaksanaan, Pengawasan) Dan Peran Personil Sekolah Dalam Administrasi Hubungan Sekolah Dan Masyarakat.