MANAJEMEN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN MAN 2 KOTA BANDUNG

Main Article Content

Rizki Fadilah
Ara Hidayat

Abstract

Salah satu komponen yang sangat menentukan untuk terselenggaranya proses pendidikan adalah guru yaitu sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Selain itu kualitas lembaga pendidikan juga dapat dilihat dari ketersediaan dan ketercapaian lengkapnya sarana prasarana yang dimiliki lembaga pendidikan. Ketersediaan dan ketercapaian sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya baik dari segi intensitas maupun kreatifitas dalam penggunaannya baik oleh guru maupun oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana di MAN 2 Kota Bandung analisis ketercapaian dan ketersediaanya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskeiptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Manajemen sarana prasarana di MAN 2 Kota Bandung sudah cukup baik dan optimal dilakukan sesuai dengan pedoman dan prosedur. Namun secara keseluruhan masih ada ketercapaian dan ketersediaan yang belum sepenuhnya optimal, masih dilakukan secara bertahap mengenai beberapa sarana dan prasarana yang masih diupayakan, seperti meja kursi kayu ke meja besi yang belum semuanya dan fasilitas daur ulang sampah. Akan tetapi sekolah terus menerus mengupayakan agar semuanya baik dan optimal karena hal tersebut akan menunjang proses pembelajaran dan berpengaruh terhadap prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/9FA4076A-3AC3-41C6-95A3-F7C6DCE32FE3

Feiby Ismail, A. M. (2021). Problematika Manajemen Sarana dan Prasarana di Madrasah Swasta. Journal of Islamic Education Leadership, 120-122.

Hasnadi. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal BIDAYAH; Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 155.

Megawati, C. R. (2019). Analisis Ketercapaian dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan (AL-TA'DIB), 248.

Muhammad Ibnu Faruk Fauzi, M. P. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Al-Rabwah, 102.

Restika Manurung, E. H. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan, 169.

Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidkan, 33.

Sinta, I. M. (2019). MANJEMEN SARANA PRASARANA. Jurnal ISEMA, 80.

Siti Nurharirah, A. E. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Karimah Tauhid, 221.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Raudhah, 43.