STRATEGI PERENCANAAN ANGGARAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN: MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS

Main Article Content

Triska Riyanti
Mulyawan Safwandy Nugraha

Abstract

Pendidikan adalah usaha terencana untuk memungkinkan peserta didik mengembangkan potensi mereka. Tujuannya adalah menciptakan individu yang bermoral dan berpengetahuan, demi mencapai tujuan pendidikan nasional. Untuk mencapai tujuan ini, pembiayaan yang memadai dan pemenuhan standar nasional pendidikan sangat penting, memerlukan perencanaan anggaran yang matang. Pengelolaan anggaran lembaga pendidikan melibatkan berbagai sumber daya keuangan, seperti pemerintah, orang tua/siswa, dan mitra eksternal. Anggaran mencakup berbagai biaya, seperti gaji staf, operasional, dan pemeliharaan fasilitas. Proses perencanaan anggaran memerlukan berbagai pendekatan, termasuk penganggaran artikel per artikel dan penganggaran berbasis program. Anggaran juga berperan sebagai alat perencanaan, kontrol, dan motivasi dalam manajemen Pendidikan. Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS) harus mematuhi berbagai asas, seperti ketelitian, kedetailan, kemerataan, transparansi, dan berkala. Pengelolaan anggaran yang baik sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan dengan efektif dan efisien. Pengumpulan data keuangan dan akuntansi pelaksanaan anggaran adalah langkah penting dalam pengelolaan anggaran. Dengan manajemen anggaran yang baik, lembaga pendidikan dapat memberikan kualitas pendidikan yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arianti, Dewi. (2014). Penerapan Manajemen Keuangan Pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Akdon, dkk. (2017). Buku pedoman teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arwildayanto dkk.(2017) Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan: Program Pendidikan untuk Rakyat (PRODIRA) Akselerasi Pemerataan dan Peningkatan Jenjang Layanan Pendidikan di Provinsi Gorontalo. Padjadjaran: Widya.

Amin, F. (2019). Penganggaran di pemerintah daerah . Pers Universitas Brawijaya.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.

Diknas. (2002). Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning/CTL. Jakarta: Dikdasmen.

Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578.

Gitman, Lawrence J. (2003). Principles of Managerial Finance. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company

Hamidah, Alfi Zahrotul. (2022). Konsep dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8 (2).

Iskandar, Jamaluddin. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Idaarah, 3(1)

Jamal. (2010). Manajemen anggaran pendidikan. Erlangga.

Komariah, Nur. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Al-Afkar, 6(1).

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum tingkat satuan pendidikan: konsep, model, dan aplikasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2010). Pengantar manajemen pendidikan. Pustaka Pelajar.

Masditou, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan yang Bermutu. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(2), 119-145.

Mesiono, Haidir. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep dan Implikasinya terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan). Hikmah 17 (2), 61-73

Nanda, R., & Darwanis, D. (2016). Analisis implementasi anggaran berbasis kinerja pada pemerintah daerah (Studi Deskriptif pada Dinas DPKKD Kabupaten Aceh Selatan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 327-340.

Nanang Fattah. (2000). Manajemen pendidikan islam. Penyunt. Gajahmada University Press.

Qomar, Mujamil. (2008). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rusdiana, A. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi, Bandung: Tresna Bhakti Press Bandung.

Sholeh, M. (2016). Efektivitas Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) , 1 (1), 41-54.

Syaiful Sagala. (2010). Materi Pelatihan Sekolah, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syaifullah, MS. (2021). Manajemen Keuangan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy 4 (1)

Suharsimi, dkk. (2016). Penilaian pendidikan dalam rangka akreditasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprihadi, E., & Kom, S. (2020). Sistem informasi bisnis dunia versi 4.0. Penerbit Andi.

Udin & Abin. (2007). Manajemen pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press.

Wahyudin, H. U. R., & MM, M. P. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). Deepublish.

Wakhid, Abdul. (2020). Konsep Penganggaran Biaya Pendidikan. Jurnal Syntax Transformation. 1(6).

Yusuf, B., & Al Arif, M. N. R. (2015). Manajemen sumber daya manusia di lembaga keuangan syariah.