Al-Qur'an dan Tujuan Pendidikan Islam

Main Article Content

Fahri Ali Maulana
Linda Tazkiyatul Munawaroh

Abstract

Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang mana pengumpulan datanya diambil dari berbagai literature seperti dokumentasi, jurnal, buku, website internet dan surat kabar. Penelitian pustaka atau riset pustaka adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, metode penelitian deskriptif kualitatif menurut Sugiyono (2018, hlm. 15) adalah metode penelitian yang berlandaskan filsafat postpositivisme yang biasa digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan melakukan melukiskan suatu keadaan secara objektif atau berdasarkan fakta-fakta yang tampak (Sugiyono, 2018). Adapun ayat-ayat tujuan pendidikan tersebut adalah: 1). QS. AlBaqarah: 201 yang berkaitan kebaikan dunia dan akhirat, 2). QS. Ali Imran: 102 yang berkaitan dengan taqwa, 3). QS. Al-Dzariyat: 56 yang berkaitan dengan beribadah, 4). QS. Al-Baqarah: 30 berkaitan dengan manusia sebagai khalifah dimuka bumi. Kebaikan (hasanah) dalam bentuk apapun tanpa didasari ilmu, niscaya tidak akan terwujud. Baik berupa kebaikan duniawi yang berupa kesejahteraan, ketenteraman, kemakmuran dan lain sebagainya. Apalagi kebaikan di akhirat tidak akan tercapai tanpa adanya pengetahuan yang memadai. Karena segala bentuk keinginan dan cita-cita tidak akan terwujud tanpa adanya usaha dan pengetahuan untuk mencapai keinginan dan cita-cita itu sendiri. Ketakwaan seseorang terhadap Allah swt. Dapat digambarkan bahwa sesungguhnya ayat ini bukan hanya membahas tenteng takwa semata, tapi juga ada nilai-nilai pendidikan yang dapat kita analisa lebih jauh dalam ayat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fahri Ali Maulana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Linda Tazkiyatul Munawaroh, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Al-Abrasy, Mohammad Athiyah. Education in Islam. Cairo, 1963. Al-Syaibany, Omar Muhammad Al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Katsir, Ibn. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2004.

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka alHusna, 1987.

Majah, Muhammad bin Yazid al-Qazwiny Ibn. Sunan Ibn Majah. Vol. 1. Bandung: maktabah Dakhlan, n.d. Marimba, Achmad. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: AlMa’arif, 1989.

Muhaimin, dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Jakarta: Trigenda Karya, 1993.

Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Vol. 1. Jakarta: UI-Press, 1985.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2007.