PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PERENCANAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI MA AS-SA’ADAH

Main Article Content

Jenal Aripin
Ara Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) peran kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MA As-Sa’adah; (2) perencanaan yang di lakukan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MA As-Sa’adah. Subjek dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, yang berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin data terkait subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di MA As-Sa’adah melibatkan fungsi sebagai manajer, penggerak, pemimpin, dan administrator; (2) sebagai manajer, kepala sekolah berperan dalam perencanaan (mengatur rencana), pengelolaan sumber daya, dan sebagai penggerak (melaksanakan kegiatan); (3) sebagai administrator, kepala sekolah melakukan kegiatan penyusunan laporan APBS (anggaran pendapatan dan belanja sekolah), pengelolaan arsip, melibatkan tahapan perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan; (4) sebagai pemimpin, kepala sekolah bertanggung jawab atas seluruh pelaporan yang dihasilkan; (5) Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah untuk pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MA As-Sa’adah mencakup perencanaan barang tidak bergerak, pengadaan melalui pembelian, hibah, daur ulang, rehabilitasi, dan kerja sama. Pengaturan dilakukan melalui inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan, sedangkan penggunaan dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung, serta penghapusan barang yang tidak terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Jenal Aripin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Ara Hidayat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Bafadal, I. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, S., & Khairi. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Grava Media.

Imanuddin, S. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 3 Bireuen.

Jahari, J., & Rusdiana, A. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Darul Hikam.

Nasrudin, & Maryadi. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 13. No 1. Hlm 16.

Putra, J. A. (2014). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator di Sekolah Menenagh Pertama Negeri Kota Pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan Bahana Manajemen Pendidikan, Vol 2. No 1. Hlm 347.

Subroto, S. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiqurohman. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Kimia Berbasis Permainan Monopoli pada Sub Materi Zat Aditif pada Makanan Terhadap Hasil Belajar SiswaSMP Kelas VII. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan.

Yunita. (2012). Kapita Selekta Kimia I. Bandung: CV Insan Mandiri.

Yunita. (2018). Alternatif Strategi Mengajar (ASM) Kimia. Bandung: CV. Insan Mandiri.