Supervisi Akademik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 6 Majalengka dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Bandung Barat

Main Article Content

Aan Diana
Ahmad Ghozali Panjaitan
Dwi Ajeng Maulidya Makalao

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik kepala madrasah ibtidaiyah 6 Majalengka dan kepala madrasah 2 Bandung Barat, perencanaan supervisi manajemen akademik kepala madrasah, pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dan evaluasi serta tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru.Perencanaan supervisi akademik di MI Negeri 6 Majalengka dan MI Negeri 2 Bandung Barat menunjukkan secara komprehensif. Tantangan implementasi melibatkan konsistensi. Kerjasama kepala madrasah dan guru kunci keberhasilan. Pelaksanaan di MI 6 Majalengka perlu memperhatikan persiapan, supervisi teknik, dan kunjungan kelas. Di MI 2 Bandung Barat, fokus pada pengembangan proses pembelajaran dengan teknik kunjungan kelas. Kepala Madrasah di MI 2 Bandung Barat menerapkan prinsip pengawasan yang harmonis, berkesinambungan, demokratis, dan konstruktif. Meskipun MI 6 Majalengka mengalami kendala pembiayaan, solusinya melibatkan pelatihan untuk guru. MI 2 Bandung Barat melaksanakan evaluasi umum dan kelompok dengan tindak lanjut personal dan berkelompok, tetapi lamanya tindak bulanan dan tahunan menunjukkan perlunya peningkatan lebih lanjut efektivitas evaluasi.Keduanya menyimpulkan bahwa supervisi akademik memberikan manfaat baik bagi kepala madrasah maupun guru, dengan fokus pada peningkatan kinerja dan peningkatan Kompetensi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Aan Diana, Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam

References

Anissyahmai, R. &. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. mapen: jurnal manajer pendidikan.

Dibyantoro, S. S. (2017). Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan SMK di kecamatan sewon kabupaten bantul. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 69.

Harahap, B. (1983). Supervisi pendidikan. Jakarta: Damai Jaya.

Jahari, J. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Leniwati, L. &. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi pendidikan), 2(1).

Messi, M. S. (2018). pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru. jurnal manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan.

Mustafid, D. I. (2016). Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MIN 2 Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi pendidikan, 4(2), 1-13.

Nurfatah, &. R. (2018). pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. jmksp (jurnal manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan).

prasojo, L. D. (2015). Supervisi pendidikan. Gava Media.

Sagala. (2012). Supervisi pembelajaran dalam profesi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Subaidi. (2019). Manajemen biaya dan sarana prasarana di SMAN 3 pati dan MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil pati. At-Tarbiyat : Jurnal pendidikan islam.

Syukri, H. C. (2015). pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasar pada gugus 1 Uptd dewantara Aceh Utara. Jurnal Administasi pendidikan pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Taufiqurohman. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Kimia Berbasis Permainan Monopoli pada Sub Materi Zat Aditif pada Makanan Terhadap Hasil Belajar SiswaSMP Kelas VII. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan.

Thaib, A. d. (2005). Standar Supervisi pendidikan pada MTs. Jakarta: Depag RI.

Yunita. (2012). Kapita Selekta Kimia I. Bandung: CV Insan Mandiri.

Yunita. (2018). Alternatif Strategi Mengajar (ASM) Kimia. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Zulfikar, Y. &. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi pendidikan pascasarjana Universitas Syiah Kuala.