Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi SPLDV Ditinjau Berdasarkan Tahapan Kastolan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal open-ended materi SPLDV dengan mempertimbangkan tahapan kastolan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesalahan yang terus terjadi saat siswa menjawab soal open-ended SPLDV pada tahapan kastolan. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VIII salah satu SMP di Bandung dengan kategori prestasi tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes soal open-ended dan wawancara. Tiga siswa yang mencakup kategori prestasi tinggi, sedang, dan rendah diambil sebagai subjek penelitian. Pedoman wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal open-ended. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan soal open-ended materi SPLDV, termasuk kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Kesalahan tersebut melibatkan penerapan konsep yang salah, ketidaksesuaian langkah-langkah, dan penggunaan rumus yang tidak tepat, menghasilkan jawaban yang kurang akurat.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.