SISTEM MARKETING RENTENIR: SKEMA BARU PERLUASAN JANGKAUAN PERBANKAN SYARIAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem marketing rentenir yang dapat menjadi skema baru perluasan jangkauan perbankan syariah. Adapun penelitian ini termasuk penelitian pustaka dengan metode penelitian deskriptif analisis. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keberhasilan marketing rentenir yang mampu menjangkau masyarakat pedesaan dalam menikmati layanan keuangan dapat diadopsi oleh bank syariah untuk berperan aktif di tengah-tengah masyarakat. Adapun untuk mewujudkan hal itu bank syariah dapat mendirikan pusat layanan (kantor cabang) di lokasi strategis, mengadopsi fleksibilitas dan kemudahan persyaratan peminjaman yang menjadi daya tarik dari rentenir serta merancang inovasi produk yang memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat pedesaan. Selain itu juga, bank syariah dapat melakukan edukasi dan pelatihan terkait produk perbankan syariah dalam rangka meningkatkan literasi keuangan syariah bagi masyarakat.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.