TEORI ETIKA BISNIS : IMPLEMENTASI TEORI KEWAJIBAN (DEONTOLOGI) DALAM KETENAGAKERJAAN

Main Article Content

Nabila Putri Apriliyanty
Neneng Murni Kurniasih

Abstract

Etika deontologi telah menjadi landasan penting dalam memahami prinsip-prinsip moral dalam konteks ketenagakerjaan. Teori ini menekankan kewajiban, yang membantu memastikan bahwa pekerjaan dilakukan sesuai dengan prinsip moral dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendorong perusahaan dalam menerapkan prinsip kewajiban deontologi kepada karyawan. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, analisis isi dilakukan pada berbagai sumber yang terkait dengan topik, menyoroti pentingnya etika dalam fungsi bisnis dan bagaimana penerapan deontologi memengaruhi kehidupan kerja. Hasilnya menegaskan bahwa deontologi memberikan fondasi yang kuat untuk memandang kewajiban moral di tempat kerja. Implikasinya mencakup perlunya     perubahan sistem kerja agar sejalan dengan prinsip-prinsip etika, memastikan hak-hak dasar pekerja terpenuhi, serta menciptakan lingkungan kerja yang adil dan menghormati hak asasi manusia. Dalam rangka mencapai keberhasilan jangka panjang, harmonisasi hubungan perusahaan dan karyawan merupakan kunci, yang dapat tercapai melalui penerapan prinsip deontologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Septiani, N. A., & Lesmana, T. (2022). Analisis Sistem Kebijakan dan Perlindungan Pemerintah Ketenagakerjaan Terkait Kesejahteraan bagi Tenaga Kerja dalam Perspektif Hukum di Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(3), 53-61.

Weruin, U. U. (2019). Teori-Teori Etika Dan Sumbangan Pemikiran Para Filsuf Bagi Etika Bisnis. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 313-322.

Butarbutar, B. (2019). Peranan Etika Bisnis dalam Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 187-195.

Latuserimala, G. (2020). Pekerja Anak Dalam Kajian Etis Deontologis. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 2(1), 56-71.

Latuserimala, G. (2019). Pekerja Anak Dalam Kajian Etis Deontologis. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 2(1), 56-71.

Dewi, C. S. (2020). Analisis Penerapan Etika Deontologi Terkait Ketenagakerjaan Pada PT Trisakti Cipta Nusantara Di Surabaya-Jawa Timur. Agora, 4(2), 294-303