Manejemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa di Era Digital
Keywords:
Pendidikan Karakter, Digital, Siswa menengahAbstract
Era digital saat ini membawa tantangan baru yang bisa berdampak positif dan negatif lebih khusus dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk karakter siswa yang disiplin, bisa menghormati yang lebih tua, menghargai yang lebih muda dan bertanggung jawab. Teknologi yang terus berkembang, dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan khususnya pelajar, dalam hal lain penggunaan teknologi selain mempermudah, sering kali teknologi membawa berdampak negatif terhadap kedisiplinan siswa, seperti penggunaan media sosial yang berlebihan, dan menurunnya tanggung jawab dalam belajar yang di picu dari perkembangan teknologi. Oleh karena itu, manajemen pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan untuk memastikan siswa dapat tetap fokus, disiplin, dan bertanggung jawab sebagai seorang siswa yang berkewajiban untuk belajar, dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran manajemen pendidikan karakter menjadi salah satu solusi yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan, menanamkan nilai-nilai dan tanggung jawab siswa di era digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus di sekolah menengah, penelitian ini menganalisis dan mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru dan manajemen sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter, seperti disiplin dan tanggung jawab. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi dampak penerapan teknologi digital dalam proses pendidikan karakter dan bagaimana hal ini memengaruhi perilaku siswa dalam proses belajar atau di dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Albertus, & Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.
Jakarta: PT.Grasindo.
Azzah, S. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, dan Kreatif Selama Pembelajaran Jarak Jauh Kelas VI SDN Ceger 02. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Damayanti E., Ahmad A., Bara A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak di Sorowako. Martabat:Jurnal Perempuan dan Anak, 4(1), 1-22. Retrieved from https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (pp. 449-455). Pekanbaru: Unri Conference Series: Community Engagement.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta
Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 87-93. Retrieved from
http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Husni, E. M., & Fatulloh, A. (2016). Kategorisasi Pengguna Internet di Kalangan Pelajar SD dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 6-16.
Imam, S. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al-Quran Dalam Pembentukan Karakter Santri Di MI LITAHFIZHIL AL-QUR’AN DARUSSALAM Sekubang Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Tahun Ajaran 20221/ 2022. Mempawah.
Indrawan, I., & dkk. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Banyumas: CV. Pena Persada. Kemendiknas. (n.d.). Pendidikan Karakter bangsa, dalam perpustakaan.
kemdiknas.go.id/download/Pendidikan%20Karakter.pdf. Retrieved 10 25, 2024
Lickona, T. (1992). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Maarif.
Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jambi: Universitas jambi. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4576
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 181-194. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Suana, S., & Firdaus, F. (2014). Pola Asuh Orangtua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202 Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Journal of Health Sciences, 7(2), 509. Retrieved from https://doi.org/10.33086/JHS.V7I2.509
Triyanto. (2020). Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175-184. doi:DOI. 10.21831/jc.v17i2.35476
Undang-Undang Nomor 20. (2003 ). Sistem Pendidikan Nasional .
ARTIKEL JURNAL CITATION
Albantani, A. M., Ardiansyah, A. A., & Sahrir, M. S. (2025). Deep Learning Framework for Arabic Course in Higher Education. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 13(1), 1-18. https://doi.org/10.23971/altarib.v13i1.10022
Albantani, A. M., Mubarak, M. R., Rozak, A., & Ardiansyah, A. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Fiqh Lughah Melalui Google Classroom. Arabi: Journal of Arabic Studies, 6(1), 26-38. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.353
Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayaytul Mubtadiien Majalengka. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.1329
Ardiansyah, A. A. (2020). Trial Use of Inquiry Methods in Learning to Write Arabic in Junior High School Santi Asromo Majalengka. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 3(1), 56-65. https://doi.org/10.31538/alsuna.v3i1.706
Ardiansyah, A. A. (2021). Ta’lim al-Hiwar al-‘Arabiyyah bi Istikhdami Wasilati al-Rusum al-Hazaliyah. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 189-215.
Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran, dan Sastra Arab, 6(2), 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478
Ardiansyah, A. A., & Erihadiana, M. (2022). Strengthening Religious Moderation as A Hidden Curriculum in Islamic Religious Universities in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 109-122. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1965
Ardiansyah, A. A., & Muhammad, A. (2020). Implementation of Integrative Arabic Grammar (Nahwu & Sharaf) Curriculum in Islamic Boarding School. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(3), 211-228. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i3.13264
Ardiansyah, A. A., & Nugraha, D. (2024). Analysis Of Religious Moderation Understanding Among University Students In West Java. Harmoni, 23(2), 273-290. https://doi.org/10.32488/harmoni.v23i2.771
Ardiansyah, A. A., EQ, N. A., & Suhartini, A. (2022). Mardhatillah as The Main Purpose of Islamic Education. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 4(1), 31-42. https://doi.org/10.20884/1.matan.2022.4.1.5191
Ardiansyah, A. A., Humaira, F. H., & Mubarok, H. (2025). Enhancing Arabic Speaking Skills through Educational Ludo Games: A Quasi-Experimental Study in Junior High School. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 4(02), 102-117. https://doi.org/10.62730/qismularab.v4i02.230
Ardiansyah, A. A., Kaffah, T. S., & Mukarom, M. (2023). Using The Language Game ShundÅ «q Al-AsyyÄ (Item Box) to Improve Students' Arabic Speaking Skills. Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 124-139. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29493
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Harahap, M. F. (2024). The Effectiveness Of Project-Based Learning In Improving Students'performance In Arabic Vocabulary. El-Mahara, 2(2), 65-79. https://doi.org/10.62086/ej.v2i2.691
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Hermawan, A. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 35-50. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3942
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Oktaviani, D. (2023). Use of media index card match in arabic language learning to improve student learning outcomes. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 3(2), 78-86. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i2.3657
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., Sudiana, A. D. R., Firmansyah, A., & Belabed, A. (2024). The Application of Developmentally Appropriate Practice Learning Strategies to Improve Students' Arabic Learning Outcomes. Arabiyati: Journal of Arabic Language Education, 1(1).
Ardiansyah, A. A., Musthafa, I., & Hermawan, A. (2023). Analysis of the Dialogical Narration in the Story of Prophet Yusuf in the Quran. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 7(2), 278-298. https://doi.org/10.15575/jpba.v7i2.25684
Ardiansyah, A. A., Ningsih, A., & Barokah, I. (2023). The Use of “LIBAT” Methods (See–Read–Write) to Improve Student Learning Outcomes in Arabic Lenguage Subjects Kitabah Materials. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 26, pp. 168-188). Retreived from https://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1877
Jasni, N. S. B., & Ardiansyah, A. A. (2020). Arabic Learning Based On E-Learning Using Arabic Teacher Website In The Pandemic Era Of Covid-19. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 122-137. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8601
Kosim, N., Ardiansyah, A. A., Hikmah, H. S., & Atha, Y. A. S. (2024). The Use of The Task-Base Language Teaching (TBLT) Method to Improve Learning Outcomes of Arabic Language Skills. Alibbaa': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 144-165. https://doi.org/10.19105/ajpba.v5i2.14804
Maryani, N., Ardiansyah, A. A., & Hasan, A. M. (2024). Arabic Language Learners as an Example of Their Willingness to Communicate in a Second Language (L2-WTC) Accomplishment. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 16(2), 463-479. https://doi.org/10.24042/albayan.v16i2.24312
Siregar, Z. U., Zainuddin, N., Ardiansyah, A. A., & Ruhani, N. (2024). Utilizing Complementary Cards with Formulate Share Listen Create Media to Enhance Arabic Text Understanding. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 7(2), 235-249. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v7i2.73110
Syafei, I., Ardiansyah, A. A., & Nafsi, Z. (2020). Analisis kontrastif proses afiksasi pada verba dalam Bahasa Arab dan Bahasa Minangkabau. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 18(2), 225-237.
Wahyudi, D., Sanah, S., Ardiansyah, A. A., & Rizkina, Q. R. (2023). IstikhdÄ m al-Wasilah al-Syam’ iyyah al-Bashiriyyah li Tarqiyah Maharah Qira’ ah al-AkhbÄ r al-‘ Arabiyyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 7(2 November), 709-732. https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.8501
Wahyudin, D., Ardiansyah, A. A., & Khoeruman, M. F. (2024). The Role of The Treasure Hunt Approach in Advancing Students' Reading Skills in Arabic. Konferensi Internasional Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia, 1. Retrieved from https://journal.pppbai.or.id/index.php/mudirrudh-dhad/article/view/194
Ardiansyah, A. A., Musthafa, I., Syafei, I., & Sanah, S. (2024). Streamlining Arabic Grammar to Facilitate Mastery of Qirâ’at al-Kutub for University Students. Arabiyat: Journal of Arabic Education & Arabic Studies/Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 11(2).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Gunung Djati Conference Series

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.