Revitalisasi Pendidikan Karakter: Penanaman Moral Terhadap Anak Dalam Persfektif Al-Ghazali

Main Article Content

Rovi A. Mashuri
Sofia Fauziah Azhar
Siti Alawiyah Urpah

Abstract

Pendidikan karakter bukanlah hal yang baru dalam sejarah manusia. Orangtua, dengan berbagai cara sejak dulu sebelum ada lembaga pendidikan formal yang bernama sekolah seperti sekarang, sudah berusaha mendidik anak-anak mereka menjadi anak yang baik menurut norma-norma yang berlaku dalam budaya mereka. Penguatan pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara kita. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak-anak. Akibat yang ditimbulkan cukup serius dan tidak dapat lagi dianggap sebagai suatu persoalan sederhana karena tindakan ini telah menjurus   kepada tindakan kriminal. Kondisi krisis dan dekadensi moral ini perlu disikapi dengan upaya-upaya yang dapat menunjang pada penanaman moral. Islam dalam hal ini telah memiliki konsep yang dapat dimanfaatkan sebagai landasan untuk menumbuhkan nilai moral pada anak, salah satu konseptor islam yang memiliki konsep dalam pembentukan moral ialah Imam Ghazali. Imam Al Ghazali merupakan seorang tokoh yang memiliki corak pemikiran yang unik sebagaimana terlihat dari pengembangan pemikirannya yang sangat revolusioner, juga banyak memberikan sumbangan pemikiran tentang pendidikan akhlak. Dalam pendidikan moral pada anak ini imam Al Ghazali memiliki sebuah konsep yang dapat mengupayakan pada penanaman moral. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak anak menurut Imam Al Ghazali.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Rovi A. Mashuri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Sofia Fauziah Azhar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Siti Alawiyah Urpah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Ahmad, Muhammad abdul Qadir. 1985. “Metodologi Pengajara Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1985.

Al-Ghazali, Imam. 1996. “Tahfut al-Falasifah”. diedit oleh Sulaiman Dunian, Kairo: Dar al- Ma’arif.

Al-Jumbulati, Ali. 1994. “Perbandingan Pendidikan Islam, Alih bahasa Muzayyin Arifin”. Jakarta: Rineka Cipta.

Battistich, V. 2008. “Voices: A practitioner’s perspective: Character Education, prevention, and positive youth development”. Journal of Research in Character Education, 6 (2).

Berkowitz, M., Sherblom, S., Bier, M., & Battistitch, V. 2006. “Educating for positive youth development”. dalam Killen, M. & Smetana, J. (Eds.), Handbook of Moral Development (683- 701). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Bogdan, Robert C., dan Sari Knopp Biklen. 1982. “Riset Kualitatif untuk Pendidikan. Pengantar Teori dan Metode”.( Alih Bahasa: Munandir). Dirjen Dikti Depdikbud.

DeRoche, E. F. & William, M. M. 2001. “Character education: a guide for school administrators”. Blue Ridge Summit, PA: Scarecrow Press.

Fikri, Kamalul. 2022. “Imam Al-Ghazali:Biografi lengkap Sang Hujjatul Islam”. Yogyakarta: Laksana.

Gunawan, Heri. 2012. “Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi”. Bandung: Alfabeta.

Hadi, R. 2015. “The Integration of Character Values in the Teaching of Economics: A Case of Selected High Schools in Banjarmasin”. Interational Education Studies.

Hariyati, Nik. 2011. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam”. Bandung :Alfabeta.

Howard, D. R. 1990. “Crisis in education: public education a disaster-- but there's new hope for parents”. New Leaf Press.

Jaya, Yahya. 1994. “Spritualisme Islam dalam Mengembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental”. Jakarta: Ruhana.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. “Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdas arkan Pengalaman di SatuanPendidikan Rintisan”. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengem-bangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesuma, D. 2010. “Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global”. Jakarta: Grafindo.

Lickona, T. 1991. “Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility”. New York: Bantam Books.

Moleong, Lexi J. 1989. “Metodologi Penelitiaan Kualitatif”. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muchtar, Heri Jauhari. 2005. “Fikih Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustafa, A. 1999. “Akhlak Tasawuf”. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rolina, N. 2014. “Developing Responsibility Character for University Student in ECE through Project Method”. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Soleh, A. Khudori. 2004. “Wacana Baru Filsafat Islam”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Syaifudin. 2005. “Percikan Pemikiran Imam Al- Ghazali”. Bandung: Pustaka Setia.

Thoha, H. C. 1996. “Kapita selekta pendidikan Islam”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang tentang sistem pendidikan nasional. 2003.

Yatimi Abdullah. 2007. “Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Quran”. Jakarta: Amzah.

Zainuddin. 1991. “Seluk Beluk Pendidikan dari Al- Ghazali”. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakiah Daradjat. 2003. “Ilmu Jiwa Agama”. Jakarta: Bulan Bintang.