Marketing Politik Partai Nasdem dalam Menggapai Kemenangan Pasangan Calon Farhan-Erwin pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung Tahun 2024

Authors

  • Nabila Trie Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Nadiya Hasanah Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Raysha Akmal Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Razinah Saleh Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Shyldi Nur Aulia Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia

Keywords:

Pemasaran Politik, Pilkada Bandung 2024, Partai Nasdem, Farhan-Erwin

Abstract

Laporan penelitian ini mengkaji strategi pemasaran politik yang diterapkan oleh tim pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung nomor urut 3, Farhan-Erwin, pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Bandung 2024. Observasi bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran politik, termasuk segmentasi pemilih, promosi, dan penggunaan media sosial dalam meraih dukungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung dengan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Kota Bandung, Rizky Mediantoro, serta studi kepustakaan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pasangan Farhan-Erwin berhasil mengoptimalkan kombinasi pendekatan tradisional dan digital dalam kampanye mereka, dengan fokus pada pemilih milenial dan Gen Z. Promosi melalui media sosial dan kolaborasi dengan influencer menjadi kunci menjangkau pemilih muda, sementara pendekatan tatap muka memperkuat hubungan dengan masyarakat. Kesimpulannya, strategi pemasaran yang inovatif dan adaptif menjadi faktor utama keberhasilan pasangan Farhan-Erwin dalam meraih kemenangan di Pilkada 2024

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, T. M. V. (2024, November 16). Kampanye di Lapangan Tegalega, Pasangan Farhan-Erwin Bawa Eskavator. KOMPAS.com. https://bandung.kompas.com/read/2024/11/16/115743378/kampanye-di-lapangan-tegalega-pasangan-farhan-erwin-bawa-eskavator

Assifa, F. (2024, November 20). Erwin Sebut Kata “Paeh” Dalam Debat Pilkada Kota Bandung, Farhan Kecewa ke Pendukung Paslon Lain. KOMPAS.com. https://bandung.kompas.com/read/2024/11/20/112313678/erwin-sebut-kata-paeh-dalam-debat-pilkada-kota-bandung-farhan-kecewa-ke

Bagaskara, B. (2024). Hasil Rekap KPU: Farhan-Erwin Menang Pilwalkot Bandung 2024. Detik news.

Bagaskara, B. (2024). Penyebab Runtuhnya Dominasi PKS-Gerindra di Kota Bandung. Detik Jabar.

Wismabrata, M. H. (2024). Pilkada Kota Bandung 2024, Daftar Nama 4 Paslon dan Visi Misinya. Kompas.com.

Hakiki, S. (2021). IMPLEMENTASI MARKETING POLITIK FADHIL-BAKHTIAR DALAM KONTESTASI PEMILIHAN BUPATI KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

O’Class, Aron, “Political Marketing and The Marketing Concept”. European Journal of Marketing, Vol 30, 1996, hlm. 47

Salam, F. A., Majid, P. J., & Novita, W. (2024). Marketing Communication Strategis Through Social Media Instagram (Case Study@ ntvnews. id). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(1), 31-37.

Sambas news. (2024, November 27). Kontroversi Kehadiran Paslon Walikota Bandung Muhammad Farhan di Acara Cijerah Fest. Sambasnews. https://sambasnews.id/kontroversi-kehadiran-paslon-walikota-bandung-muhammad-farhan-di-acara-cijerah-fest/3/

Tv, M. (n.d.). Maju Pilwalkot Bandung, Farhan-Erwin Resmi Bentuk Sekber [Video]. https://www.metrotvnews.com. https://www.metrotvnews.com/play/b7WCY5Xy-maju-pilwalkot-bandung-farhan-erwin-resmi-bentuk-sekber

Wring, Dominic, “Reconciling Marketing with Political Science: Theories of Political Marketing”, Journal of Marketing Management, Vol 13, 1997, hlm. 651

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-03-05

Citation Check