Marketing Politik Partai Persatuan Pembangunan Pada Pemilihan Umum 2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategis pemasaran politik yang diterapkan oleh Partia Persatuan Pembangunan (PPP) dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024. Sebagai salah satu partai politik Islam tertua di Indonesia, PPP menghadapi berbagai tantangan untuk tetap relevan di tengah dinamika politik yang terus berubah. Data observasi diperoleh dengan melakukan wawancara bersama Bapak Andri Sumantri, sebagai kepala staf di Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP Jawa Barat. Metode observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk menganalisis elemen-elemen bauran pemasaran politik yang meliputi produk, harga, promosi, dan tempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPP berusaha untuk mengajak kembali pemilih lama, menjangkau pemilih baru, dan mempertahankan loyalitas pemilih yang ada melalui berbagai strategi kampanye yang inovatif, termasuk pemanfaatan media sosial. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi PPP untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran politik dalam konteks pemilu yang semakin kompetitif.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.