Pengaruh Self confidence (Kepercayaan Diri) Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Peluang
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah matematis, self confidence, peluangAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada siswa SMK Negeri 23 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian korelasional melalui pendekatan kuantitatif, untuk memastikan apakah memang ada hubungan antara dampak kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Di SMK Negeri 23 Jakarta, 15 siswa digunakan sebagai ukuran sampel untuk penelitian ini. Dengan menggunakan tes dan non tes, satu pengaruh dapat diidentifikasi, khususnya pada kapasitas afektif. Tes tersebut dapat diberikan dengan menggunakan keterampilan pemecahan masalah matematis, khususnya dengan memberikan tiga soal dengan tiga indikator kepercayaan diri terhadap pemecahan masalah yaitu, 1) mampu menarik kesimpulan dari pernyataan dengan baik dan benar, 2) dapat menemukan pola daripada suatu masalah, dan 3) mampu memeriksa kembali kebenaran argumen. Sedangkan non-tes dapat diberikan menggunakan kuesioner kepercayaan diri dengan sepuluh pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa SMK Negeri 23 Jakarta memiliki faktor kepercayaan diri yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dalam menjawab soal matematika.
Downloads
References
Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 335-344, DOI 10.22460/jpmi.v5i2.335-344
Guven, B., & Cabakcor, B.O. (2013).Factors Influencing Mathematical Problem-Solving Achievement of Seventh Grade Turkish Students. Learning and Individual Differences, Volume 23,131-137, https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.10.003.
Hartono, H., Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 25–32. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.4
Kour, S. & Rafaqi, M. (2024). Factors Influencing Problem Solving Ability in Mathematics: A Systematic Review of Literature. 13. 1-7.
Kartika, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Calon Guru Di Kabupaten Karawang Melalui Pendekatan Open-Ended. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 198-204
Nurhayatun, S. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS Oleh : SOLIHAH NURHAYATUN. 1–227.
Nurqolbiah, S., Matematika, P., & Pascasarjana, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif dan self confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 143–158.
Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability ofSixth Grade Students. Journal of Social Sciences. 5 (4): 381-385
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Rafianti, I., Model, P., Matematika, P., Multiple, B., Untuk, I., & Konsep, K. P. (2013). Isna Rafianti, 2013 Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran Matematis Dan Self confidence Siswa MTs Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu. 1–11.
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Sadat, Anwar. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan self confidence Siswa Madrasah Kemampuan Tsanawuyah. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2(1). Hal 1-11.
Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 799. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p799-806