Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal SPLDV
Keywords:
Kemampuan Representasi, SPLDVAbstract
Kemampuan representasi matematis siswa sangat penting untuk memahami dan menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk menggagaskan suatu ide matematika dalam berbagai bentuk pernyataan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Penelitian dilaksanakan pada 3 siswa SMP yang ada di daerah Wanareja. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kualitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal tes kemampuan representasi berupa 2 soal uraian. Hasil penelitian ini diperoleh siswa dengan kategori representasi tinggi memenuhi indikator representasi visual dan representasi simbolik dengan baik, namun belum memenuhi representasi verbal. Siswa pada kategori sedang memenuhi indikator representasi simbolik, namun belum memenuhi indikator representasi verbal dan representasi visual. Siswa pada kategori rendah belum memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis
Downloads
References
Addawiyah, A, A., & basuki. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar.
Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (Vol. 01, Issue 01).
Hidayat, F., & Lestari, P. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Wingeom pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2204
Khorunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. In Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 1).
Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364
Mislul Pasehah, A., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Nadia, L. N., Waluyo, S. B., & Isnarto. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242–250.
Rizki Hardianti, S., Nia Sania Effendi, K., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., & Barat, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA KELAS XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Sabrina, K. A., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(1), 219–228. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1969
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted by Geogebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023
Suryadi, G., & Simanjuntak, H. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di MTs Hifzil Quran Medan. 6, 8082–8100.
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.102