Pengaruh Pembelajaran dalam Jaringan (Online) terhadap Kemampuan Literasi Matematis

Authors

  • Apsari Sabela UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Euis Heni Herlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Pengaruh, Pembelajaran Daring, Literasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dan menyebarkan kuesioner kepada siswa SMA kelas XI. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data yang dilakukan yaitu terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut : (1) Pembelajaran daring dianggap efektif, (2) Melalui pembelajaran daring siswa menjadi lebih aktif, (3) Kemampuan siswa untuk mengimplementasikan konsep – konsep matematika dalam kehidupan sehari – hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

hmadi, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring (B. Wijayama (ed.); 1st ed.). QAHAR PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=byZBEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+daring+revolusi+industri&ots=Y9IW1qHM1C&sig=xf-GVK13-HvPyWGw-v7UMUCBrYg&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. https://doi.org/10.30935/scimath/9551

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Parwati, ni nyoman. (2019). Prosiding Senama PGRI Volume 1 Tahun 2019. Adaptasi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0, 1(87). https://doi.org/10.5281/zenodo.3445646

Wahyuni, I., Noto, M. S., & Hikmah, A. N. (2017). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Euclid, 3(1), 491–501. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.319

WS, H., Taufina, Chandra, & Anita, Y. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 167.

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check