Analisis Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
Keywords:
Geogebra, Teknologi, Pemecahan Masalah, Pendidikan MatematikaAbstract
Penggunaan teknologi di dalam pembelajaran matematika sudah sering digunakan. Salah satu perangkat lunak yang digunakan yaitu Geogebra. Software geogebra sering digunakan untuk memecahkan masalah matematis di kalangan mahasiswa. Namun, masih ada yang belum menggunakan untuk membantu pemecahan masalah matematis yang ada. Karena alasan tersebut, peneliti ingin melakukan analisis terhadap pengaruh penggunaan software Geogebra terhadap pemecahan masalah matematis pada mahasiswa pendidikan matematika. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika sebanyak 27 orang yang berasal dari 3 universitas berbeda. Pengambilan data hanya memakai instrumen non-tes yaitu angket skala sikap dan wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh penggunaan perangkat lunak geogebra terhadap pemecahan masalah matematis pada mahasiswa pendidikan matematika.
Downloads
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Azis, W. A. (2017). ANALISIS KUALITATIF PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Fatiatul Ilmi Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2015/2016). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 26–42.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.
Data, T. P. (2015). Instrumen Penelitian. Kisi-Kisi Instrumen.
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). Why problem-based learning? A case study of institutional change in undergraduate education. The Power of Problem-Based Learning, 4, 189–200.
Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu sosial & budaya dasar. Yogyakarta: UNYPress.
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. Computer Algebra Systems and Dynamic Geometry Systems in Mathematics Teaching Conference, 1–6.
Hudojo, H. (1988). Mengajar dan belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Mahmudi, A. (2011). Makalah Pemanfaatan GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika. UNY: FMIPA.
Nasution, S. (1987). Teknologi Pendidikan, ed. Kedua. Bandung: Cv Jemmars.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).
Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru Seri Kelima. Bandung: Tarsito.
Somantri, G. R. (2010). Memahami metode kualitatif. Hubs-Asia, 10(1).
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penulisan Pendidikan. Cet. Ke-V Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemapuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Susilawati, E., Syaf, A. H., & Susilawati, W. (2017). Pendekatan eksplorasi berbasis intuisi pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Analisa, 3(2), 138–147.
Turmudi, T., Juandi, D., & Sugilar, H. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah. Jurnal Analisa, 4(1), 33–42.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. Seminar Nasional FMIPA UNY, 5.