Systematic Literature Review: Peran Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa
Keywords:
Pembelajaran matematika, pembentukan karakter, pendidikan IslamAbstract
Matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam berpotensi tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga membentuk karakter yang jujur, disiplin, tanggung jawab, serta sikap religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti peran pendidikan Islam melalui pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan mengkaji berbagai penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pendidikan Islam, pembelajaran matematika, dan pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, termasuk dalam penguatan sikap kerja keras, ketelitian, dan kolaborasi. Pendidikan Islam melalui pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu pendekatan efektif dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi juga berakhlak mulia
Downloads
References
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran, April, 1–16.
Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1029
Anjani, K. Y. (2018). Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Psikologi, 5(2), 1–6.
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511
Aviola, N., Hayati, S., Pebria, W., Annisa, & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 195–204.
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah, 17(01), 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253
Fauzan, H., & Anshari, K. (2024b). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802
Febrianti, S. (2024). Sustainability Finance Dan Green Investment: Literature Review Dengan Metode Prisma. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 95–106.
Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Dan Agama Islam, 1(05), 866–876. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i05.596
Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132
Jaelani. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 866–876. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.596
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Ssekolah Dasar. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Kholil, M. (2018). Matematika Akhlak : Internalisasi Sikap - Sikap Terpuji ( Akhlak Mahmudah ) Dalam Sistem Bilangan Melalui Strategi Analogi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 50–64.
Kristia, D., Habibi, M., Fidya, Y., & Putra, A. (2021). Analisis sikap dan konsep diri siswa terhadap matematika ( studi survei pada siswa MTs se-Kabupaten Kerinci ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(03), 32–46.
Maulida, F. I. (2020). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, April, Purwokerto: 18 April 2020. 387-396.
Miswar Nasution, A. (2023). Pentingnya Mempelajari Agama Islam Disekolah Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik. Lokakarya, 2(2), 110–115. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v2i2.3031
Nabila, S., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 834–840.
Noor, H. (2022). Integrasi Character Value Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 21–30. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5469
Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 81–88. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803
Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.116
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221.
Yuliantian Erpina, M. Syukri, & M. Thamrin. (2016). Peningkatan Perilaku Saling Menyayangi pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(5), 1–15.
Yuniati, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 41–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.101