Systematic Literature Review: Peran Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Safitri Puteri Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Tika Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Agus Hikmat Syaf UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran matematika, pembentukan karakter, pendidikan Islam

Abstract

Matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam berpotensi tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga membentuk karakter yang jujur, disiplin, tanggung jawab, serta sikap religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti peran pendidikan Islam melalui pembelajaran matematika dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan mengkaji berbagai penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pendidikan Islam, pembelajaran matematika, dan pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, termasuk dalam penguatan sikap kerja keras, ketelitian, dan kolaborasi. Pendidikan Islam melalui pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu pendekatan efektif dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi juga berakhlak mulia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran, April, 1–16.

Anggreni, F. (2019). Integrasi Al-Quran Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Siswa. At- Tarbawi, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v11i2.1029

Anjani, K. Y. (2018). Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial pada Siswa SMK Swasta X di Surabaya. Character: Jurnal Psikologi, 5(2), 1–6.

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511

Aviola, N., Hayati, S., Pebria, W., Annisa, & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 195–204.

Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah, 17(01), 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024b). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802

Febrianti, S. (2024). Sustainability Finance Dan Green Investment: Literature Review Dengan Metode Prisma. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 95–106.

Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Dan Agama Islam, 1(05), 866–876. https://doi.org/10.59141/jiss.v3i05.596

Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132

Jaelani. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 866–876. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.596

Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Ssekolah Dasar. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Kholil, M. (2018). Matematika Akhlak : Internalisasi Sikap - Sikap Terpuji ( Akhlak Mahmudah ) Dalam Sistem Bilangan Melalui Strategi Analogi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 50–64.

Kristia, D., Habibi, M., Fidya, Y., & Putra, A. (2021). Analisis sikap dan konsep diri siswa terhadap matematika ( studi survei pada siswa MTs se-Kabupaten Kerinci ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(03), 32–46.

Maulida, F. I. (2020). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UMP, April, Purwokerto: 18 April 2020. 387-396.

Miswar Nasution, A. (2023). Pentingnya Mempelajari Agama Islam Disekolah Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik. Lokakarya, 2(2), 110–115. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v2i2.3031

Nabila, S., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 834–840.

Noor, H. (2022). Integrasi Character Value Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 21–30. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5469

Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 81–88. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803

Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.116

Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107

Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221.

Yuliantian Erpina, M. Syukri, & M. Thamrin. (2016). Peningkatan Perilaku Saling Menyayangi pada Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(5), 1–15.

Yuniati, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 41–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.101

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check