Analisis Kemampuan Penalaran dan Pembuktian Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel (SPLDV)

Authors

  • Rahmatia Prihantiny Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Abdul Jabbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Iyon Maryono UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Rifa Rizqiyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Pembuktian Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran dan pembuktian matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penalaran dan pembuktian matematis merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai siswa untuk memahami konsep-konsep matematika secara mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 2 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen tes dan non-tes digunakan dalam metodologi pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukaan dengan pemberian tes kemampuan penalaran dan pembuktian matematis serta non-tes dengan dilakukannya wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa pada kemampuan penalaran siswa sudah cukup baik dengan dikuasainya beberapa indicator meskipun ada beberapa yang belum dikuasai sedangkan pada kemampuan pembuktian matematis siswa dalam membaca pembuktian matematis sudah cukup baik walaupun masih ada yang keliru dalam konsep pembuktian langsung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., Krisma, D. A., Tidar, U., & Magelang, K. (2023). masalah pembuktian matematis . Kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan pembuktian. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1687–1699.

Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5

Asoraya, M. S., & Martila Ruli, R. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6537

Ayuningtyas, W., Mardiyana, & Pramudya, I. (2019). Analysis of student’s geometry reasoning ability at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012016

Dwi Novelza, I., & Yanty Putri Nasution, E. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri dengan Materi Limit Fungsi Aljabar. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.165

Hendana, I. P., & Lestari, K. E. (2024). Pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 198–204.

Herizal, H. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa [Factors that Influence Students’ Mathematical Proof Ability]. Vygotsky, 2(1), 33.

Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 73. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8570

Malik, R. P., Afandi, A., Nani, K. La, & Hamid, H. (2022). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i1.4130

Manurung, S. L., Putri, S. D., Nurjannah, S., & Risha, Y. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ring dan Sifat Sifatnya. 8, 23663–23676.

Marniati, Jahring, & Yuliani, W. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Arus Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.57250/ajup.v1i2.5

UYGUN-ERYURT, T. (2020). Conception and development of inductive reasoning and mathematical induction in the context of written argumentations. Acta Didactica Napocensia, 13(2), 65–79. https://doi.org/10.24193/adn.13.2.5

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Widiati, Y., Kamid, & Anggerein, E. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Materi Operasi Aljabardi Kelas Vii Smp. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 83–90. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1951

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check