Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar Berdasarkan Level Kemampuan Berpikir Siswa Kelas VIII Materi SPLDV
Keywords:
Analisis, Berpikir Aljabar, SPLDVAbstract
Kemampuan berpikir aljabar sangat penting karena dengan kemampuan ini, siswa akan dapat berkonsentrasi pada hubungan dan representasi dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII pada materi SPLDV. Penelitian ini melibatkan 3 siswa yang mempunyai kemampuan berbeda-beda dan pernah mempelajari materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrument tes uraian berisi 2 soal SPLDV dan non tes berupa wawancara semi-terstruktur. Analisis data menggunakan analisis tematik untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Siswa yang dikategorikan tinggi yaitu siswa A mampu mengerjakan soal SPLDV dengan memenuhi 5-6 indikator berpikir aljabar dengan baik. Siswa yang dikategorikan tinggi yaitu siswa B mampu mengerjakan soal SPLDV dengan memenuhi 3-5 indikator berpikir aljabar dengan baik. Siswa yang dikategorikan rendah yaitu siswa C cukup mampu mengerjakan soal SPLDV dengan memenuhi 3-4 indikator dengan cukup baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.
Badawi, A. A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa Smp Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 182-189.
Cahyanintyas, Novita, D., & Toto. (2018). Analisis Proses Berpikir Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 50–60.
Farida, I., & Lukman Hakim, D. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp Di Karawang. JIPMat
Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Mathematic Education Journal, 259–264.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Masnia, M., Waluya, S. B., Dewi, N. R., & Sohilait, E. (2023). Proses Berpikir Aljabar Berdasarkan Metakognisi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.89-94
Munthe, R. T. I., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prisma, 11(2), 371. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2388
Sufya, S., Atho’urrohman, W., Zuriyah, I. A., & Basith, A. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Non Tes Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 40–46. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4543
Sukmawati, A. (2015). Berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika. Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 88-93.
Utami, R. E. (2020). Profil kemampuan berpikir aljabar dalam memecahkan masalah matematika ditinaju dari gaya kognitif reflektif siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 13-24.
Yusrina, S. L., & Masriyah, M. (2019). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 477–484. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p477-484