Tahap Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Konteks Bangun Ruang Sisi Datar
Keywords:
Berpikir Geometri, Teori Van Hiele, Bangun RuangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan geometri peserta didik SMP/MTS pada materi bangun ruang sisi datar menurut Teori Van Hiele dengan mengggunakan metode study kasus. Salah satu siswa kelas VIII di MTS Negeri 11 Majalengka dijadikan subjek penelitian dengan metode sampling acak. Alat yang digunakan termasuk ujian tulis, survei, dan wawancara yang menunjukkan tingkat pemikiran geometri yang ditunjukkan oleh teori Van Hiele. Ujian tulis terdiri dari lima pertanyaan yang didasarkan pada teori Van Hiele dan divalidasi oleh dua pakar geometri. Pada tahap visualisasi, siswa menunjukkan kemampuan yang sangat baik, dengan nilai 85% dalam berpikir geometri. Pada tahap analisis, kemampuan siswa cukup tinggi dengan nilai 70% pada kemampuan berpikir geometri. Namun, pada tahap abstraksi, siswa mengalami kesulitan signifikan, dengan nilai 40% dalam kemampuan berpikir geometri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kebanyakan peserta didik masih berada pada tahap 1 dan 2. Tak seperti pendapat van Hiele yang mengungkapkan bahwa level berpikir geometri untuk peserta didik SMP berada di level 3. Menurut hasil penelitian, penting untuk melaksanakan pemerikasaan lebih lanjut mengenai level berpikir geometri peserta didik SMP lainnya
Downloads
References
Abdussakir. (2009). Pembelajaran geometri sesuai teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Abu, M. S., & Abidin, Z. Z. (2013). Improving the levels of geometric thinking of secondary school students using geometry learning video based on Van Hiele theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 16-22.
Amalliyah, N., Dewi, N. R., & Dwijanto. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 352-361.
Asmianti, N. &. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Karpet Geometri. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 167-176.
Burais, F. F., & Husna. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele. Jurnal Peluang, 52-57.
Burger, W. F., Shaughnessy, J. M., Education, M., & Jan, N. (1986). Characterizing the Van Hiele levels of development in geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 31-48.
Cesaria, A., & Herman, T. (2019). Learning obstacle in geometry. Journal of Engineering Science and Technology, 1271-1280.
Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 267-279.
Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ geometric thinking based on Van Hiele’s theory. Journal of Mathematics Education, 55-60.
Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The Van Hiele levels at Czech secondary schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 912-918.
Hock, T. T., Tarmizi, R. A., Yunus, A. S., & Ayub, A. F. (2015). Understanding the primary school students’ Van Hiele levels of geometry thinking in learning shapes and spaces : A Q-methodology. 793-802.
Khoiri, M. (2014). Pemahaman siswa pada konsep segiempat berdasarkan teori Van Hiele. 262-267.
Ma, H., Lee, D., & Lin, S. (2015). A study of Van Hiele of geometric thinking among 1 st through 6 th graders. 1181-1196.
Mason, M. (2009). The Van Hiele levels of geometric understanding. Colección Digital Eudoxus.
Muhassanah, N. S. (2014). Analisis keterampilan geometri siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 54-66.
Nopriana, T. (2014). Berpikir geometri melalui model pembelajaran geometri Van Hiele. Delta, 41-50.
Özerem, A. (2012). Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade student. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 720-729.
Ramlan, A. M. (2016). The effect of Van Hiele learning model toward geometric reasoning ability based on self-efficacy of senior high school students. Journal of Mathematics Education, 62-71.
Salifu, A. S., Yakubu, A. R., & Ibrahim, F. I. (2018). Van Hiele geometric thinking levels of pre-service teachers’ of E.P. college of education, Bimbilla-Ghana. Journal of Education and Practice, 108-119.
Sariyasa. (2017). Creating dynamic learning environment to enhance students’ engagement in learning geometry creating dynamic learning environment to enhance students’ engagement in learning geometry. Journal of Physics: Conference Series.
Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thinking level. Journal of Physics: Conference Series,, 1157(4).
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary school geometry. CDASSG Project, 37-39.
Usman, H. Y. (2019). Effects of Van Hiele’s phase-based teaching strategy and gender on pre-service mathematics teachers’ attitude towards geometry in Niger State, Nigeria. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 61-75.
Vojkuvkova, I. (2012). The Van Hiele model of geometric thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 72-75.
Wardhani, I. S. (2019). Geometri Dan Permasahannya Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis. Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami.
Yudianto, E., Sugiarti, T., & Trapsilasiwi, D. (2018). The identification of Van Hiele level students on the topic of space analytic geometry. Journal of Physics: Conference Series.