Analisis Self Efficacy terhadap Kecemasan Matematis pada Pembelajaran Matematika
Keywords:
Self efficacy, Kecemasan Matematis, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kecemasan matematis yang dipengaruhi oleh self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy terhadap kecemasan matematis pada pembelajaran matematika yang dilakukan di SMA Plus Tebar Ilmu. Sampel dipilih secara acak, diperoleh kelas X-A di SMA Plus Tebar Ilmu sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data penelitian yaitu dengan instrumen non tes. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner self efficacy dan kecemasan matematis yang terdiri dari pernyataan positif dan negatif. Data dianalisis dengan uji regresi korelasi. Hasil dari analisis data memperlihatkan bahwa self efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap kecemasan matematis, yang mana persamaan regresinya adalah Y=38,733-0,384X yang menunjukkan pengaruh yang berbanding terbalik, serta tingkat kekuatan tergolong dalam interpretasi cukup kuat yaitu koefisien korelasi pearsonnya sebesar 0,501. Maka dari itu, berdasarkan penelitian ini guru perlu menyusun pembelajaran matematika yang sesuai agar tingkat Self efficacy dapat meningkat dan sebaliknya tingkat kecemasan matematisnya berkurang.
Downloads
References
Akin, A., & Kurbanoglu, I. N. (2011). The relationships between math anxiety, math attitudes, and Self efficacy: A structural equation model. Studia Psychologica, 53(3), 263–274.
Anita, I. W. (2014). The Effect of Mathematics Anxiety on the Mathematical Connection Ability of Junior High School Students. Infinity Journal, 3(1), 125.
Auliya, R. N., & Munasiah, M. (2016). Hubungan Antara Self efficacy, Kecemasan Matematika, Dan Pemahaman Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2655
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Journal Unsika Sesiomadika, 2(1b), 459–467.
Gazali, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 140–157. https://doi.org/10.22236/JPPP
Hartini, T. S., & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 640–646.
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029
Listyotami, M. K. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Self efficacy pada E-Learning Kokurikuler SPSS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.598
Putri, A., Ariyanto, L., & Aini, A. N. (2021). Pengaruh kecemasan dan Self efficacy siswa terhadap pemahaman konsep matematika SMP kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Prosiding SENATIK, 31–36.
Sari, D. M. (2019). Ditinjau Dari Self efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Di Smp Negeri 20 Palembang. 12(1).
Somakim. (2011). Membangun Kepercayaan Diri (Self efficacy) Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self efficacy Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/7971
Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting relationships between mathematics anxiety, mathematics teaching anxiety, Self efficacy beliefs towards mathematics and mathematics teaching. International Journal of Research in Education and Science, 3(2), 636–645.