Analisis Minat Mahasiswa Terhadap Belajar Matematika
Keywords:
PISA, Minat, Belajar MatematikaAbstract
Berdasarkan data PISA 2018 rata-rata skor kemampuan matematika di Indonesia masih dibawah skor rata-rata dengan skor 379. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai faktor minat terhadap matematika. Adapun untuk penelitian menggunakan angket dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitaif. Populasi pada penelitian ini adalah para mahasiswa yang menetap di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah yang terdiri dari beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan yang berasal dari kampus UIN Sunan Gunung Djati, UPI Kampus Cibiru, dan STAI Al-Jawami. Berdasarkan hasil uji diperoleh hanya hasrat dan keinginan berhasil yang menjadi faktor minat terhadap matematika dengan presentase 72% dan kriteria kuat adapun indikator indikator dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita masa depan,penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar, serta lingkungan belajar yang kondusif masih dibawah kriteria kuat.
Downloads
References
Asri, S. A., Tayeb, T., Mardiah, M., Kamal, S. I. M., & Suaidah, I. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 22 Sinjai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 210. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1067
Haildin, N. (2021). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(339), 20–28.
Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813
Nurfajri, E., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1612–1622.
Putri, N. S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 771–785. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1264
Rika Audina, D. F. D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2014), 94–106. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256
Risky Mandala Putri, Savitri Wanabuliandari, & M. A. F. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar matematika siswa kelas iv mi tarbiyatul islamiyah didesa winong. Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus, 2, 29–36.
Sajiman, S. U., & Hasbullah. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII pada Materi Perbandingan. Original Research, 80, 235–242.
Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis minat belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(2), 376–380. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7311
Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 14–19.
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159–1168. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.547