Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Ima Hafidzah Nurhalimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Wildatus Sholihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Kesulitan Belajar, Teorema Pythagoras, Metode Survei

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran teorema Pythagoras, mengetahui faktor penyababnya, dan untuk mengetahui cara yang dapat dikerjakan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah metode survei. Subjek pada penelitian ini adalah 18 siswa kelas VIII E SMP AL Amanah Cileunyi. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner yang terdiri dari 11 pernyataan dan satu soal uraian. Adapun instrumen pengumpulan data lainnya adalah wawancara dengan narasumbernya adalah guru matematika kelas VIII SMP AL Amanah Cileunyi . Peneliti memberikan kuesioner dalam bentuk google form kepada subjek penelitian, peneliti juga mewawancarai guru matematika secara offline (tatap muka). Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan diantaranya: 1) Kesulitan belajar matematika siswa adalah saat mengerjakan soal cerita, memahami konsep, menentukan hipotenusa, dan mencari panjang sisi selian hipotenusa; 2)Faktor yang yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah sikap siswa, dukungan atau pendampingan belajar oleh orang tua saat di rumah, kondisi lingkungan, keaktifan siswa, dan metode pembelajaran; 3) Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah guru harus lebih banyak memberikan latihan soal dan diadakannya tes gaya belajar siswa pada awal tahun pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. 7(2), 11.

Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang. 7(1), 6.

Rohmatunisha, S., Malang, U., Wahyudi, U., Malang, U., Yudasmara, D. S., & Malang, U. (2020). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. 2, 11.

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. 6.

Suwandi, E., Imansyah, H. F., Dasril, H., & Nawawi, J. H. H. (t.t.). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. 11.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check