Eksplorasi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Bilangan Bulat
Keywords:
Literasi Numerasi, Soal Cerita, Kemampuan SiswaAbstract
Kemampuan literasi numerasi sangat penting bagi siswa, terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek dua siswa perempuan kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan literasi numerasi tentang operasi bilangan bulat dengan tiga tipe soal, wawancara, dan angket tentang kemampuan literasi numerasi siswa pada konten bilangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah penarikan kesimpulan dan penyajian data berdasarkan instrumen terhadap sampel sebanyak dua orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi kedua siswa berdasarkan hasil tes, berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 74,95. Namun, berdasarkan skor angket, kemampuan literasi numerasi kedua siswa berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 51. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan literasi numerasi kedua siswa masih perlu ditingkatkan.
Downloads
References
Adirakasiwi, S. K. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP PADA ERA MERDEKA BELAJAR. JPIM: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 925-936.
Aljabar Farhan Gilang Fauzi, K. ,. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 83-91.
Dekriati Ate, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 472-483.
Ekawati, A. U. (2019). ) LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH. ELSE (Elementary School Education), 93-103.
Esa Sandi Putri, E. Y. (2021). ANALISIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DIKAJI DARI KECERDASAN EMOSIONAL . Jurnal AlphaEuclidEdu.
Han, W. a. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Harum Sunya Iswara, F. A. (2022). NUMERACY LITERACY SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH ETHNOMATHEMATICS-BASED PROBLEM SOLVING. Interdisciplinary Social Studies, 1604-1616.
I Nengah Sumantara, I. W. (2021). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Pembelajaran Wizer.Me Meningkatkan Literasi Numerasi dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Bilangan Bulat. Mimbar Pendidikan Indonesia, 279-292.
Juanti, K. Z. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 239-248.
Mahmud, P. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Jurnal Pendidikan Matematika, 69-88.
Maria Leonita Bau, F. S. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Kemandirian Belajar. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 284-292.
Rahmad Sugianto, N. H. (2023). Persepsi Guru Matematika terhadap Literasi Numerasi dan Pengaruhnya pada Pembelajaran di SMA. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 50-62.
Rahmawati, M. d. (2014). LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH:Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 452-469.
Salvia, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL, (pp. 352-360).
Sudirman, C. K. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pesisir ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika, 11-12.
Turino Adi Irawan, S. B. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 232-236.
Weilin Han, M. D. (2017). Gerakan Literasi Numerasi. Jakarta: Kemendikbud: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Zahidah, A. Z. (2017). LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GENDER KONTEN SPACE AND SHAPE (Survey terhadap Siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia: Skripsi tidak dipublikasikan.