Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran KooperatifAbstract
Kemampuan siswa untuk mendalami dan menguasai konsep matematika secara efektif disebut pemahaman konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa baik siswa dapat memahami konsep matematika ketika mereka menggunakan model pembelajaran kooperatif. Pemahaman konsep ini merupakan komponen penting dalam pendidikan yang harus diperhatikan dengan serius. Studi menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman matematis siswa. Studi telah menunjukkan bahwa berbagai strategi, seperti Divisi Prestasi Tim Siswa (STAD), Think Talk Write (TTW), dan Two Stay Two Stray (TS-TS), efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Studi ini menganalisis penelitian yang dilakukan antara tahun 2019 hingga 2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tidak hanya meningkatkan pemahaman akademik, tetapi juga keterampilan sosial siswa, sehingga metode ini sangat direkomendasikan untuk memperkuat pemahaman matematika.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3394
Afri, L. D., & Khairunnisa, R. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Tharowing Dan Tipe Numbered Head Together Di Kelas Xi Iis Sma. Math Educa Journal, 4(2), 157–168. Https://Doi.Org/10.15548/Mej.V4i2.1814
Afryanza, R., Wulandari, Y., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa The Effect Of Cooperative Learning Type Think Pair Share Model On The Ability Of Understanding Student Mathematical Concept. Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01), 33–38.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model Dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori Dan Panduan Praktis) (Vol. 1).
Amiza, M. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Xi Ips Man 4 Tanah Datar. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(3), 94–99. Https://Doi.Org/10.24036/Pmat.V11i3.13943
Andi Mattoliang, L., Khidayati, P., Nur, F., Rusydi Rasyid, M., & Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, F. (2020). Comparison Of Students’ Mathematical Concept Understanding Ability Between Macromedia Flash Media And Powerpoint Media In The Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model. Alauddin Journal Of Mathematics Education Journal Homepage, 2(1), 42–52. Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Ajme
Anggistia Nuraeni, & Esti Ambar Nugraheni. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII.1 Mts. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 139–148. Https://Doi.Org/10.30605/Proximal.V5i2.1851
Angkat, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2787. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V11i4.5815
Anika, E., Hidayat, A., & Ediputra, K. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Tipe Team Games Tournament. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.
Annisah Kurniati, Nurul Jannah, D. F. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 157–168. Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V3i2.5590
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(2), 118. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i2.7553
Apriana, W. N., & Ridwan, A. F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V SDN Cijambe. Jurnal Krakatau, 1(1), 15–26. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/18381/
Armiati, M. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII. Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 102–109.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal Of Mathematics Education), 4(1), 24. Https://Doi.Org/10.35706/Sjme.V4i1.2033
Eka Yunita Rahayu, Purwanto, S., & Meliasari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Di SMP Negeri 232 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 50–58. Https://Doi.Org/10.21009/Jrpmj.V2i1.14860
Fatikhah, F. A. (2023). Self Regulated Learning Dan Gender Kelas Vii Smp Negeri 4 Purwokerto Ditinjau Dari.
Ferdiana, V., & Mulyatna, D. F. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Info Artikel Abstrak. Prosiding Seminar Nasional Sains, Vol 1(No 1), Hlm 442.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. Https://Doi.Org/10.37680/Qalamuna.V13i2.871
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.54437/Irsyaduna.V1i1.236
Hasibuan, L. R., & Marsiani, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V7i1.1961
Hermawan, V., Dede Anggiana, A., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisons (Stad). Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 6(Volume 6), 71–81. Https://Doi.Org/10.23969/Symmetry.V6i1.4126
Hutagaol, N. L. S., Siahaan, T. M., & Manurung, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 193–200. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V8i2.3361
Jannah, U. F., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(1), 032. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i1.7258
Khairani, M. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 54–60. Https://Jurnal-Lp2m.Umnaw.Ac.Id/Index.Php/JIP/Article/View/574
Klorina, M. J., & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Di Indonesia Ditinjau Dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 7(2), 181–192. Https://Doi.Org/10.23969/Symmetry.V7i2.6435
Kusnaedi, T., Nila Kesumawati, & Adrianus Dedy. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sd Negeri Tri Mulya Agung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 721–729. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i3.1364
Liberna, H., & Lestari, W. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Concepts Dan Lingkungan Belajar. Lemma, 10(2), 120–133.
Mahadi, A., Machmud, T., & Pauweni, K. A. Y. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 51–57. Https://Doi.Org/10.30738/Union.V11i1.13834
Mardiyah, A., Muslim, A. P., & Syari, E. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pelangi, 10(1), 210–222. Https://Doi.Org/10.22202/Jp.2017.V10i1.2413
Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal Of Educational Integration And Development, 3(2), 132–148. Https://Doi.Org/10.55868/Jeid.V3i2.303
Nadiatul Maulida. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. In Indomath: Indonesia Mathematics Education (Vol. 2, Issue 1). Https://Doi.Org/10.30738/Indomath.V2i1.3150
Nicomse, N., & Pandiangan, O. M. (2022). Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sepren, October, 191–200. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V4i0.820
Ningsih, N., Yunian Putra, R. W., & Hijriyah, U. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Students Teams Achievement Division Berbantuan Bahan Ajar Gamifikasi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 97. Https://Doi.Org/10.33087/Phi.V6i1.192
Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T., & Meliasari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sman 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 13–20. Https://Doi.Org/10.21009/Jrpmj.V2i1.16279
Nur, T. Z., & Kumala, F. Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Teknik Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 6(1), 011. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V6i1.19423
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Nurmi. (2023). Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam. 1–26.
Permatasari, B. I., Aridha, P. N., & Ramlawati, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Utuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Intelektium, 4(2), 77–85. Https://Doi.Org/10.37010/Int.V4i2.1435
Puspa, N. A., Sutiarso, S., & Asnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. File:///C:/Users/Naura/Downloads/Stad ALAT PERAGA 2020.Pdfjurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(2), 39–49.
Putra, J. D., Suryadi, D., & Juandi, D. (2021). MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF Pendahuluan Berdasarkan Permendiknas No 22 Tahun 2006 ( Depdiknas , 2009 ), 10(2), 122–129.
Qudratullah, N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SIS.
Rahayu, T. G., Rahman, Herawan, R. S., Pitriadi, A. P., & Prawiyogi, A. G. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 34–42.
Rahmani, A., & Sutiawan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP (The Effect Of Cooperative Learning Models Think Talk Write Of The Mathematical Concept In The Middle School). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. Http://Dx.Doi.Org/10.30656/Gauss.V3i1.2168
Rani, D. R. A., Zulkarnain, I., & Kusumawati, E. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Smpn 26 Banjarmasin. Jurmadikta, 1(1), 77–86. Https://Doi.Org/10.20527/Jurmadikta.V1i1.733
Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Pspm/Article/View/3967
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. In Yogyakarta : Parama Publishing (Issue July).
Rizqkhita Hijrilliawanni, D., Putri Khoirina, H., Zuhri Kuncoro, S., Zahrotun Nihmah, S., Aditia Ismaya, E., & Fina Fakhriyah, Dan. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review The Effectiveness Of Cooperative Learning On Elementary Students’ Mathematical Solving Ability: Literature Review Study Method. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review, 12, 12–19.
Sandi Bela, Rohman, R. E. (2023). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 101–110.
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 06(01), 6261–6269.
Saputri. Lilis. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 13–18.
Sari, Mayang, Kashardi, & Selvi Riwayati. (2023). Kemampuan Memahami Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan TGT. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(3), 200–210.
Sari, Milya, & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. Https://Doi.Org/10.15548/Nsc.V6i1.1555
Sartika, F. F., Maizora, S., & Siagian, T. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Smp Kota Bengkulu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 394–404. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.4.3.394-404
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10. Https://Doi.Org/10.33365/Jm.V2i2.652
Siregar, R. M. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Serunai Matematika, 11(1), 60–67. Https://Doi.Org/10.37755/Jsm.V11i1.110
Siti A. M. Karubaba, Bobbi Rahman, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Xi Mipa. Euclid, 9(1), 56–74. Https://Doi.Org/10.33603/E.V9i1.8460
Sumini, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Dengan Kemampuan Awal Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS), 3(3), 927–933. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V3i3.435
Suwandy, C., Kusnandar, N., & Budiman, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Simetri Lipat. Pi-Math -Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 11–20.
Tarwana, W., Alghadari, F., & Marlina, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, C, H.2.
Tukly, P., Sholahudin, U., & Giyanti, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 139–149. Https://Doi.Org/10.55681/Sentri.V1i1.212
Usmadi, Sarah Ramdantini, E. (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. 3(2), 1–23.
Verina, I., & Darhim, D. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Topik Persegi Panjang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2063. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V12i2.7581
Viii, K., Smp, D. I., Bandar, N., Sitinjak, Y. S., Manurung, S., & Siahaan, T. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa The Effect Of Jigsaw Type Of Cooperative Learning Model On The Ability Of Understanding Mathematical Concepts In Class Viii Students At Smp Negeri 1 Ban. 8(2), 280–287.
Wahdini, W., & Ilyas, M. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Venn: Journal Of Sustainable Innovation On Education, Mathematics And Natural Sciences, 3(1), 45–51. Https://Doi.Org/10.53696/2964-867x.143
Wahyu Rahmandani, D., Zulkarnain, I., & Asdini Sari, D. (2022). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 325–338. Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V10i2.14141