Systematic Literature Riview : Analisis Kemampuan Komputasi Matematis Pada Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Risma Hayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Rahayu Kariadinata UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ida Nuraida UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Matematis, Komputasi, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kemampuam komputasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada jenjang SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review). Sampel yang digunakan berjumlah 16 sampel dari penelitian terdahulu terkait kemampuan komputasi matematis siswan yang diterbitkan tiga tahun terakhir. Dengan pendekatan PRISMA, dari 70 data kemudian ditinjau sesuai kemampuan komputasi siswa berdasarkan model pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, dan karakteristik belajar serta jenjang Pendidikan yang mengerucut menjadi 16 data. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa secara keseluruhan kemampuan komputasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika membutuhkan integrasi model dan media pembelajaran yang tepat, serta pemahaman terhadap karakteristik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, R. ., & Hakim. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Matematika Pola Bilangan.

Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1553

Annamalai, C. (2022). Computing Method for Combinatorial Geometric Series and Binomial Expansion. January. https://doi.org/10.2139/ssrn.4168016

Ansori, M. (2020). Penilaian Kemampuan Computational Thinking. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 176–193.

Ardianti, S., & Yahfizham. (2024). Analisis kemampuan komputasi siswa dengan menggunakan software matematika geogebra.

Asmal, S. (2024). Studi Literatur Review : Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. 2(3).

Danindra, L. . (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin.

Efendi, N. M. (2018). REVOLUSI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (PENGGUNAAN ANIMASI DIGITAL PADA START UP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN SISWA BELAJAR AKTIF). 2(2), 173–182.

Fadilah, N. ainun, & Hakim, D. lukman. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 8(November), 565–574.

Ghifari, M. Al, & Yahfizham. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Berpikir Komputasi Pada Siswa Smp : Systematic Literature Review. Al-Aqlu: Jurnal Matematika, Teknik Dan Sains, 2(2), 141–145. https://doi.org/10.59896/aqlu.v2i2.95

Hanisyah, W. A., Rachmani, N., & Waluya, B. (2024). Systematic Literature Review : Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 207–215.

Hapsari, Y. N. M., & Masduki. (2024). Eksplorasi kemampuan berpikir komputasi siswa smp dalam menyelesaikan soal pola bilangan ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 21–38.

Harahap, S. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Software Matematika GeoGebra Sebagai Media Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Peserta Didik. 2(01), 118–125.

Iskandar, W. (2024). Systematic Literatur Review : Software Matematika Geogebra Sebagai Media Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Peserta Didik Lilis Suryani Nasution Yahfizham Yahfizham Amerika dan Canada , National Science Teaching Association atau NSTA mengatakan. 2(3).

Islami, A., Fatra, M., & Diwidian, F. (2023). Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 453–468. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1508

Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis Kemampuan berpikir Komputasi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149

Jannah, M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGABRA DALAM PEMBELAJRAN MATEMATIKA PADA KELAS 7 SMP. 2(3), 454–474.

Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136–144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992

Kamil, R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. 12(2), 259–270.

Latifah, A. G., Quini, I. F., & Aripin, U. (2024). Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau dari Kecemasan Belajar Matematika. 09(September), 351–360.

Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Lodi, M., & Martini, S. (2021). Computational Thinking, Between Papert and Wing. Science and Education, 30(4), 883–908. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00202-5

Lubis, P. N., & Yahfizham. (2024). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa : Studi Literatur.

Maksum, K. (2022). Berpikir Komputasi Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Program Studi PGMI, 9(Mi), 39–53.

Malik, S., Prabawa, H. W., & Rusnayati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. International Journal of Computer Science Education in Schools, 8(November), 41. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526

Manullang, S. B., Simanjuntak, E., Matematika, J., Negeri, U., William, M. J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., Tuan, S., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 06(01), 7786–7796.

Marifah, R. A., & Kartono. (2023). Kemampuan perpikir komputasi siswa smp ditinjau dari self-efficacy pada model pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 480–489. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097

Mufidah, I. (2018). MENYELESAIKAN BEBRAS TASK DITINJU DARI. November.

Mustaqimah, U. P. S., & Ni’mah, K. (2024). Profil kemampuan berpikir komputasi siswa SMP pada soal tantangan bebras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 297–308. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21590

Nasiba, U. (2022). BRANKAS RAHASIA : MEDIA PEMBELAJARAN NUMERASI BERBASIS BERPIKIR KOMPUTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Umu Nasiba Abstrak A . Pendahuluan Berpikir komputasi merupakan modal dalam menguasai kemampuan pemecahan masalah . Bukan hanya dalam. 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764

Nasution, A. N., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literatur Review : Software Matematika MatLab Sebagai Media Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(4), 20–27. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.125

Natali, V. (2022). PPG prajabatan 2022: mata kuliah pilihan computational thinking. Direktorat Pendidikan Profesi Guru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Nur, A. H., & Yahfizam. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Software Matematika Geogebra Terhadap Kemampuan Komputasi Siswa. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 01–10. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.196

Pajow, M. A., Regar, V. E., & Maukar, M. G. (2024). Hubungan Kemampuan Computational Thinking dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pola Bilangan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 544–554. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1661

Pellegrino, J. W., & Hilton, M. L. (2013). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. In Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century (Issue January 2012). https://doi.org/10.17226/13398

Pulungan, S. hotma. (2024). Software Matematika Sagemath Sebagai Media Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Siswa. Kebumian Dan Angkasa, 3, 26–36. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i3.47

Ramdani, N., Fauziyyah, N., & Fuadah, R. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan , Strategi , Dan Metode Pembelajaran. 2(1), 20–31.

Ratnawati, N., Wahyuningtyas, N., & Bashofi, F. (2022). Analisis kemampuan technological , pedagogical , and content knowledge ( TPACK ). 7(2), 78–87.

Rosyadi, W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 9(1), 56. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9138/

Sa’adah, U., Faridah, S. N., Ichwan, M., Nurwiani, N., & Tristanti, L. B. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan STEAM (science, technology, enginering, art, mathematic) terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19391

Safitri, T., Ginting, T. L. B., Indriani, W., & Siregar, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian, Dan Angkasa, 2(2), 10–16.

Sintawati, M., & Mardati, A. (2023). Kemampuan Berpikir dalam Pembelajaran Matematika.

Sitorus, C. W., Yahfizham, Y., William, J., Ps, I. V, Estate, M., Percut, K., Tuan, S., & Serdang, K. D. (2024). Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Menggunakan Software Matematika Geogebra. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 107–116. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.736

Situmorang, R., & Maudiarti, S. (2020). Apa itu Komputer. Course-Net, 1–34. https://www.course-net.com/apa-itu-komputer-forensik/

Sugilar, H. (2023). Strategi Membangun Kemampuan Logis Matematis Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i2.6546

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sumartini, T. S., & Utami, I. E. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. Prisma, 12(2), 333. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3062

Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). PROSES BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN SELF-REGULATED LEARNING. 8(1), 58–72.

Surmilasari, N., 2, T., & Ayu, I. R. (2024). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Model Pembelajaran PMRI terhadap Kemampuan Computational thinking pada Materi Bangun Datar Segi Empat di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1299–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6342

Tristianti, S. (2018). Kontribusi Kamampuan Koneksi Komunikasi Matematis Terhadap Motivasi Belajar Dampaknya PAda Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.

Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215

Wirdia, I. A. (2024). and Educational Research Software Matematika Photomath sebagai Media Belajar untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Peserta Didik.

Zahra, F., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review : Memanfaatkan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 26–32. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.46

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check