Analisis Sistematis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Transformasi Geometri di Sekolah Menengah
Keywords:
learning obstacle, obstacles in learning geometry, pembelajaran transformasi geometri,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle atau kendala pembelajaran yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran transformasi geometri di sekolah menengah melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Beberapa artikel ilmiah yang relevan dianalisis untuk mengungkapkan jenis-jenis kendala yang memengaruhi pemahaman peserta didik tentang transformasi geometri. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori utama learning obstacle : (1) Ontogenic Obstacle yaitu kendala dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan perkembangan kemampuan berpikir peserta didik, (2) Epistemological Obstacle yaitu hambatan yang dialami peserta didik Ketika mereka tidak dapat meberikan alas an atau penjelasan yang benar meskipun mereka mengetahui atau dapat menjawab pertanyaan, dan (3) Didactical Obstacle yaitu hambatan yang disebabkan oleh system pengajaran. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, beberapa strategi pembelajaran dapat digunakan agar pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru perlu lebih focus pada pengembangan pemahaman konseptual, kemampuan visualisasi spasial, dan keterampilan procedural peserta didik untuk meningkatkan pembelajaran transformasi geometri secara efektif. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pengajaran yang lebih baik di kelas matematika sekolah menengah.
Downloads
References
Asyifa, R., Kiai, S. U., Achmad, H., & Jember, S. (2024). The Development of Students’ Worksheet Based on the Context of the Lumajang Central Park to Teach Geometric Transformation Material. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 83–96. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano.
Azka, F., Isnarto, I., Junaedi, I., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024a). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Hambatan Belajar Siswa Kelas XI Materi Translasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(1), 70–81. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i1.8400
Azka, F., Isnarto, I., Junaedi, I., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024b). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Hambatan Belajar Siswa Kelas XI Materi Translasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(1), 70–81. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i1.8400
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., Setiawan, W., Cintakarya, D., Barat, B., Sindangkerta, K., Bingkai, S., Cililin, C., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., & Cimahi, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi GEOGEBRA Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Dinda Fitria, S., & Maarif, S. (2021). Hambatan Epistemologi Pada Pembuktian Geometri Sederhana Siswa SMP Ditinjau Dari Resiliensi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.529-540
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software GEOGEBRA Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Fitriana, L., Kusmayadi, T. A., & Sahara, S. (2022). Students’ Epistemological Obstacles on Geometric-algebraic Relations of Transformation Geometry. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 31(2), 54–60.
Hafidzah Jamaluddin, N., Sulasteri, S., & Angriani, A. D. (2020). GEOGEBRA: Software Dalam Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri (Vol. 2, Issue 1). Online.
Jumri, R., & Risnanosanti, R. (2021). LEARNING OBSTACLE KONSEP KOMBINASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(2). https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1490
Kandaga, T., Rosjanuardi, R., & Juandi, D. (2022). Epistemological Obstacle in Transformation Geometry Based on van Hiele’s Level. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(4). https://doi.org/10.29333/ejmste/11914
Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140
Mardiana, & Amalia, Y. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Geometri Pada Kelas VII di SMP Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. MAJU, 10, 30–35.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.
Nawfa, Z., & Waluyo, M. (2024). Pengembangan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri (PATOGE) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 7(1), 305–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v7i1.8798
Novianda, D., & Turmudi. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review. Jurnal Gantang, 6(2), 133–139. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.2866
Pangestika, B. W., Susanto, S., Safrida, L. N., Trapsilasiwi, D., & Monalisa, L. A. (2022). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Geometri yang Berkaitan dengan Etnomatematika di Taman Nasional Alas Purwo. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5804–5817. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2857
Pratama, I. G. N. J. A., Sudiarta, I. G. P., & Sukajaya, I. N. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Dengan Bantuan GEOGEBRA Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1).
Puspita Sari, H., Fahriza Fuadiah, N., & Rohana. (2021). Desain Didaktis Hipotetik Pembelajaran Teorema Phytagoras. In Jurnal Didaktis Indonesia (Vol. 1, Issue 2).
Sukenti, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI IPAS-1 SMA Negeri 7 Medan. In Jurnal Multidisiplin Ilmu (Vol. 2, Issue 2).
Sunariah, L., & Mulyana, E. (2020). The didactical and epistemological obstacles on the topic of geometry transformation. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032089
Ulfa, N., Jupri, A., & Darhim, K. (n.d.). Analysis of Learning Obstacles of Junior High School Students on The Topic of Circle.
Umardiyah, F., Zuhriawan, M. Q., & Satiti, W. S. (2023). Efektivitas Problem-based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Kartu Etnomatematika Batik Jombangan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 263–274. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.263-274
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wahidin, & Alyani, F. (2022). Pelatihan Dalam Pengaplikasian Konsep Transformasi Geometri Pada Desain Motif Batik di SMP Negeri 81 Jakarta. PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3, 51–53. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11
Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Pengembangan modul digital berbasis etnomatematika dengan memanfaatkan geogebra pada materi transformasi geometri. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 1096–1103.