Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Self-ConfidenceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana peranan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis serta memperkuat self-confidence (kepercayaan diri) mereka. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA dimana penulis mengumpulkan data melalui dokumentasi dan tinjauan terhadap artikel-artikel terkait pembelajarn berdiferensiasi, kemampuan pemecahan masalah matematis, dan self-confidence, yang di publikasikan anatara tahun 2022-2024. Artikel-artikel tersebut dapat diakses dan diunduh melalui database online seperti Google Sholar, Publish or Perish, dan SINTA. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi pengelompokan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kepercyaan diri siswa.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agustiana, & Untarti, R. (2024). Implementasi Model Differentiated Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Didactical Mathematics, 6(2), 283–291.
Albantani, A. M., Mubarak, M. R., Rozak, A., & Ardiansyah, A. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Fiqh Lughah Melalui Google Classroom. Arabi: Journal of Arabic Studies, 6(1), 26-38. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.353
Aprelia Rukmi, D., Firotun Nisa, A., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798–810. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1824
Aprelia Rukmi, D., Havifah, B., & Khosiyono, C. (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Percaya Diri Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624–635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756
Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayaytul Mubtadiien Majalengka. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.1329
Ardiansyah, A. A. (2020). Trial Use of Inquiry Methods in Learning to Write Arabic in Junior High School Santi Asromo Majalengka. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 3(1), 56-65. https://doi.org/10.31538/alsuna.v3i1.706
Ardiansyah, A. A. (2021). Ta’lim al-Hiwar al-‘Arabiyyah bi Istikhdami Wasilati al-Rusum al-Hazaliyah. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 189-215.
Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran, dan Sastra Arab, 6(2), 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478
Ardiansyah, A. A., & Erihadiana, M. (2022). Strengthening Religious Moderation as A Hidden Curriculum in Islamic Religious Universities in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 109-122. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.1965
Ardiansyah, A. A., & Muhammad, A. (2020). Implementation of Integrative Arabic Grammar (Nahwu & Sharaf) Curriculum in Islamic Boarding School. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(3), 211-228. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i3.13264
Ardiansyah, A. A., & Nugraha, D. (2024). Analysis Of Religious Moderation Understanding Among University Students In West Java. Harmoni, 23(2), 273-290. https://doi.org/10.32488/harmoni.v23i2.771
Ardiansyah, A. A., EQ, N. A., & Suhartini, A. (2022). Mardhatillah as The Main Purpose of Islamic Education. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 4(1), 31-42. https://doi.org/10.20884/1.matan.2022.4.1.5191
Ardiansyah, A. A., Humaira, F. H., & Mubarok, H. (2025). Enhancing Arabic Speaking Skills through Educational Ludo Games: A Quasi-Experimental Study in Junior High School. Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 4(02), 102-117. https://doi.org/10.62730/qismularab.v4i02.230
Ardiansyah, A. A., Kaffah, T. S., & Mukarom, M. (2023). Using The Language Game ShundÅ «q Al-AsyyÄ (Item Box) to Improve Students' Arabic Speaking Skills. Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 124-139. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29493
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Harahap, M. F. (2024). The Effectiveness Of Project-Based Learning In Improving Students'performance In Arabic Vocabulary. El-Mahara, 2(2), 65-79. https://doi.org/10.62086/ej.v2i2.691
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Hermawan, A. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 35-50. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3942
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., & Oktaviani, D. (2023). Use of media index card match in arabic language learning to improve student learning outcomes. AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 3(2), 78-86. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i2.3657
Ardiansyah, A. A., Kosim, N., Sudiana, A. D. R., Firmansyah, A., & Belabed, A. (2024). The Application of Developmentally Appropriate Practice Learning Strategies to Improve Students' Arabic Learning Outcomes. Arabiyati: Journal of Arabic Language Education, 1(1).
Ardiansyah, A. A., Musthafa, I., & Hermawan, A. (2023). Analysis of the Dialogical Narration in the Story of Prophet Yusuf in the Quran. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 7(2), 278-298. https://doi.org/10.15575/jpba.v7i2.25684
Ardiansyah, A. A., Ningsih, A., & Barokah, I. (2023). The Use of “LIBAT” Methods (See–Read–Write) to Improve Student Learning Outcomes in Arabic Lenguage Subjects Kitabah Materials. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 26, pp. 168-188). Retreived from https://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1877
Astria, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 56–68.
Ayu Mutiara Pratiwi, K. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 14(2), 194–206.
Darma Atmaja, D., Pujiastuti, E., & Siswanto, B. (2024). Implementasi GeoGebra dalam PBL yang Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Self-efficacy pada Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 471–482.
Dwi Wahyuningsih, E., Kusuma, R. B., & Isnani. (2023). Kontribusi Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika), 5(2), 137–146. https://doi.org/10.24905/jppm.v5i2.111
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119
Fauziyah, S. F., & Rofiki, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(01), 14–26. https://doi.org/10.52166/wp.v6i01.6406
Fitriani, S., Mudzanatun, M., & Kusuma, R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas 2 SDN Panggung Lor. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1396–1407. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.910
Jasni, N. S. B., & Ardiansyah, A. A. (2020). Arabic Learning Based On E-Learning Using Arabic Teacher Website In The Pandemic Era Of Covid-19. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 122-137. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8601
Kosim, N., Ardiansyah, A. A., Hikmah, H. S., & Atha, Y. A. S. (2024). The Use of The Task-Base Language Teaching (TBLT) Method to Improve Learning Outcomes of Arabic Language Skills. Alibbaa': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 144-165. https://doi.org/10.19105/ajpba.v5i2.14804
Kusmawan, W., Turmudi, T., Juandi, D., & Sugilar, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Analisa, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2839
Maryani, N., Ardiansyah, A. A., & Hasan, A. M. (2024). Arabic Language Learners as an Example of Their Willingness to Communicate in a Second Language (L2-WTC) Accomplishment. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 16(2), 463-479. https://doi.org/10.24042/albayan.v16i2.24312
Nabilla, N., & Sani, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Berdiferensiasi di SMA. Jurnal Edu Talenta, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.56129/jet.v2i2.44
Noprizal, T., Sadat, A., & Harisuddin, M. I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Mathematics Education, 1–10. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/edukatika/article/view/751%0Ahttps://journal2.upgris.ac.id/index.php/edukatika/article/download/751/261
Nur, A. F., Supandi, S., Purwanto, P., & Rahmawati, N. D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 5684–5692.
Nurojab, E. S., & Triyana Andika Sari, V. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 329–336.
Permata, A., Solehudin, S., & Sugilar, H. (2023). Analisis Kemampuan Metakognisi Pada Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Perspektif, 7(1), 73–90. http://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/204
Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313
Rofizah, A., Rahayuningsih, S., & Imanah, U. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di MTs Negeri 4 Mojokerto. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIM, 164–174.
Rohim, M. A. M., Theis, R., & Anwar, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 388–396. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549
Shidiq, S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. Seminar Nasional Sosial Sains, 2(1), 922. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Siregar, Z. U., Zainuddin, N., Ardiansyah, A. A., & Ruhani, N. (2024). Utilizing Complementary Cards with Formulate Share Listen Create Media to Enhance Arabic Text Understanding. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 7(2), 235-249. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v7i2.73110
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Syafei, I., Ardiansyah, A. A., & Nafsi, Z. (2020). Analisis kontrastif proses afiksasi pada verba dalam Bahasa Arab dan Bahasa Minangkabau. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 18(2), 225-237.
Taufik Sutrisno, L., & Hery Hernawan, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Salah Satu Pemecahan Masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192
Trianti Ngandoh, S. (2024). Papan Belajar (Panjar) IPA Pada Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 185–198. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1322
Vira Diokta Ardani, P., & Kurniawati, I. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajara Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV di SDN Gugus I Kta Bengkulu. Kalam Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 1–12.
Albantani, A. M., Ardiansyah, A. A., & Sahrir, M. S. (2025). Deep Learning Framework for Arabic Course in Higher Education. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 13(1), 1-18. https://doi.org/10.23971/altarib.v13i1.10022
Wahyudi, D., Sanah, S., Ardiansyah, A. A., & Rizkina, Q. R. (2023). IstikhdÄ m al-Wasilah al-Syam’ iyyah al-Bashiriyyah li Tarqiyah Maharah Qira’ ah al-AkhbÄ r al-‘ Arabiyyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 7(2 November), 709-732. https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.8501
Wahyudin, D., Ardiansyah, A. A., & Khoeruman, M. F. (2024). The Role of The Treasure Hunt Approach in Advancing Students' Reading Skills in Arabic. Konferensi Internasional Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia, 1. Retrieved from https://journal.pppbai.or.id/index.php/mudirrudh-dhad/article/view/194