Membangun Self Confidence Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbantuan Information and Communication Technology (ICT)
Keywords:
ICT, Matematika, Self ConfidenceAbstract
Banyak siswa percaya bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menantang. Hasil belajar matematika yang menjadi buktinya. Siswa akan tampil lebih baik jika mereka memahami apa yang mereka pelajari. Untuk menangkap sesuatu, media sangat penting. Siswa dapat lebih memahami konsep abstrak dengan menggunakan media. Media juga membantu siswa dalam mendemistifikasi ide-ide kompleks. Alhasil, kemajuan ini menjadi media matematika dalam kriteria kompetensi pemecahan masalah berbasis Information and Communication Technology (ICT). Kemampuan berpikir kritis dan memperhatikan kemampuan teknis seseorang sangat ditingkatkan dengan belajar menggunakan media ICT. Penggunaan media ICT berupaya memotivasi siswa untuk lebih inventif dan kreatif di dalam kelas serta memperhatikan kelebihan mereka dalam mempelajari matematika serta mengeksplorasi dan memahami teknologi. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana ICT dapat diterapkan untuk pendidikan matematika. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ICT dalam pembelajaran matematika memiliki beberapa manfaat. ICT juga memainkan peran ganda dalam pendidikan dan dapat digunakan untuk menerapkan teknologi.
Downloads
References
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Fitriani, F., Samosir, B. S., & Habeahan, W. L. (2022). Analisis kepercayaan diri mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1040
Gunadi, T. (2009). Tri Gunadi, Meningkatkan Kecerdasan Anak , (Jakarta: Penebar Swadaya, 2009) p.64 1 37. 37–48.
Ika Maya, S. (2009). Usaha peningkatan kepercayaan diri siswa mengerjakan soal Matematika melalui pembelajaran dengan pendekatan interaktif.
INTARTININGSIH, E. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Bernalar Materi Trigonometri Melalui Discovery Learning Berbantuan Lembar Aktivitas Siswa(Las) Pada Siswa Kelas X Tgb-D Smk N 2 Wonogiri. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.32
Ismartoyo, & Haryati, Y. (2016). Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 13–20.
Jenis, U. J. I., Penghantar, K., Volta, D., & Kalorimeter, M. (2017). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.
Jumroh, J., Octaria, D., & Nia, N. (2022). The Development of Geogebra Assisted E-Module on Integral Course Material. Jurnal Analisa, 8(2), 117–129. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19660
Jupri, A. (2015). Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 303–314.
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Mursyidah, N. (2023). Arah Baru Pembelajaran Pada Mahasiswa Di Era Society 5 . 0 a New Direction of Learning for University Students in the Era of Society 5 . 0. 9(1), 14–20.
Paryanti, A. B. (2014). Makalah Penggunaan ICT Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 1(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v1i1.38
Permata, A., Rahayu, Y. N., Mulyadi, D., Pendidikan, P., Uin, M., Gunung, S., Bandung, D., Hatta, J. S., & Bandung, K. (2022). Peranan Media Pembelajaran dengan Integrasi Proses Pembelajaran Matematika di Era Society 5 . 0 The Role of Learning Media with the Integration of the Mathematics Learning Process in the Era of Society 5 . 0. 12, 6–11.
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 381. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529
Ratri, W. A., & Azhar, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Menggunakan Prosedure Newman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15447–15456.
Senama, P., & Volume, P. (2019). 346-Article Text-595-1-10-20191014. 1(87). https://doi.org/10.5281/zenodo.3445646
Yuniar, D. E., & Ramlah, R. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 2 Teluk Jambe Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 420–424. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/649