Meningkatkan Kemampuan Bernalar Siswa dengan Memanfaatkan Geogebra dalam Materi Transformasi Geometri (Translasi dan Refleksi)
Keywords:
Penalaran, Geogebra, Geometri TransformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian lebih mendalam mengenai penggunaan software geogebra dalam pembelajaran geometri transformasi (translasi dan refleksi) dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifyang termasuk ke dalam studi pustaka, dimana dilakukan analisis secara mendalam mengenai jurnal dan tulisan yang sesuai dengan subjek penelitian sebagai metode penelitian yang digunakan. Dari temuan penelitian didapatkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam materi geometri transformasi (translasi dan refleksi) dapat menggunakan geogebra sebagai alat bantu untuk pembelajaran siswa. Dalam pengaplikasian penggunaan media pembelajaran geogebra ini diperlukan guru yang sudah menguasi aplikasi geogebra serta bisa menjadi demonstran cara penggunaannya kepada para siswa. Disamping itu para siswa harus mendapat latihan secara berkala untuk menstimulus kemampuan mereka dalam bernalar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara 1) guru mencari tahu pengetahuan awal siswa terhadap materi. 2) guru mulai menjelaskan materi berbantuan software geogebra. 3) guru mendemonstrasikan penggunaan software geogebra untuk menyelesaikan masalah matematika. 4) siswa diberi kesempatan untuk mencoba menyelesaikan masalah dengan software geogebra. 5) guru memberi masalah baru yang bisa menggugah pemahaman siswa terhadap konsep materi tersebut sehingga dapat mengaplikasikannya melalui software geogebra.
Downloads
References
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan penalaran matematika mahasiswa melalui pendekatan problem solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179-188.
Agustinawati, M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pendekatan matematika realistik berbantuan geogebra (Doctoral dissertation, UNIMED).
Amalia, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media software geogebra terhadap kemampuan penalaran kreatif matematis siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Basir, M. A. (2015). Kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106-114.
Bangngu, S. G., Nenohai, J. M., & Samo, D. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas IX SMPN 15 Kota Kupang. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 52-64.
ERLINA NASUTION, A. T. I. K. A. (2019). PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ETHNOMATEMATICS MENGGUNAKAN GEOGEBRA DAN TANPA GEOGEBRA DI SMA NEGERI 2 MEDAN TP 2018-2019 (Doctoral dissertation).
Bukhori & Retnawati, H. (2018). Implementasi Problem-based learning dalam pembelajaran matematika SMP. Dalam Retnawati, H. (Editor). Desain Pembelajaran Matematika untuk melatihkan higger order thinking skills. Yogyakarta: Parama.
Finegold, D. & Notabartolo, A.S. (n.d.) 21st-century and their impact: an interdisciplinary literature review
Hafizah, F. (2019). PENGEMBANGAN MODUL DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) BERBASIS TAPIS LAMPUNG PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI SMP/MTS (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hapsari, A. N., Widiwaksono, R., & Choirunisa, R. (2023, January). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 381-390).
Hasibuan, N. H. (2016). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI MAN 1 MEDAN (Doctoral dissertation, UNIMED).
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.
Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan bahan ajar untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2).
Sudiasa, I. B. P. (2022). Praktik Baik: Supervisi Individual Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEAM Saat Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendesain Motif Batik Materi Transformasi Geometri. Jurnal Nalar: Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 17-25.
Retnawati, H. (2018). Peran Pendidikan Matematika dalam Memajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Membangun Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 8-17).
Wahyudin, W. (2008). Pembelajaran dan model-model pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Woolfitt, Z. (2015). The effective use of video in higher education. Retrieved from https://www.inholland.nl/media/10230/the-effective-use-of-video-in-higher-education-woolfittoctober-2015.pdf
Ziden, A. A., & Rahman, M. F. A. (2013). The effectiveness of web-based multimedia applications simulation in teaching and learning. International Journal of Instruction, 6(2), 211-222. Retrieved from http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2013_2_14.pdf
Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of Geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. doi:https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a