Pengaruh Self Confidence terhadap Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika

Authors

  • Shovy Adzkiya Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Tika Karlina Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Geometri, Karakter, Self Confidence

Abstract

Abstrak

Self confidence merupakan karakter yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada di dalam dirinya. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dan dilakukan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4 dan 6 Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 orang mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling dengan tipe stratified random sampling.Kepercayaan diri ini dapat membantu dalam menumbuhkan potensi diri agar mencapai prestasi belajar. Self confidence membuat pelajar dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki dan mengatasi kekurangan melalui bertanya baik dengan bertanya langsung pada dosen atau berdiskusi dengan temannya. Self confidence Mahasiswa prodi pendidikan matematika semester 4 dan 6 berada pada kategori tinggi yang mengakibatkan rata-rata nilai hasil belajar mereka juga berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil penelitian dari angket yang telah disebarkan dan hasil analisis data pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self confidence dan nilai geometri mahasiswa prodi matematika semester 4 dan 6 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawati, S., & Dewi, I. L. K. (2019). Pemahaman Konsep Geometri dan Self Confidence Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro untuk Persiapan Pelaksanaan PPL Di Sekolah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 75. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.706

Astuti, E. P., Kurniasih, N., & Nugraheni, P. (2016). Pengaruh Readiness dan Self-Confidence terhadap Penguasaan Geometri Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 75. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.4

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936

Puspalita, A. N., Nurhanurawati, N., & Coesamin, M. (2022). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 196–207. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp196-207

Lely Suryani, Agnes Pendy, Stefania B. Seto. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian BelajarTerhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Maria Trisna Sero Wondo, Maria Fatima Mei, Stefania Baptis Seto. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mentai Dini, Tommy Tanu Wijaya, Asep Ikin Sugandi. (2018). PENGARUH SELF CONFIDENCETERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP. Jurnal Silogisme.

Rusliah, Nur Rusliah, and Anisyak Islami. 2020. “Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.” In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), , 187–93.

SAMODRO, AGNI TYAS. 2022. “HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK.”

Cahyani, R. D. (2019). Efektivitas contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 32-41.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA (Vol. 1). YAYASAN BARCODE.

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan self efficacy dan self esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Hasan, U. R., Nur, F., Rahman, U., Suharti, S., & Damayanti, E. (2021). Self Regulation, Self Esteem, dan Self Concept Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 38-45.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

De Vega, A., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433-439.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(1), 66-72.

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-16.

Downloads

Published

2025-07-10

Citation Check