KONTRIBUSI INDUSTRI PERFILMAN INDONESIA TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB)
Keywords:
Film industry, Adaptation, Creative economy, State revenue, Indonesian filmsAbstract
Industri perfilman Indonesia merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terus menunjukkan perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Didorong dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk budaya lokal serta kemajuan teknologi distribusi digital. Film juga sebagai medium ekspresi budaya sekaligus alat ekonomi, film memiliki peran strategis dalam membentuk citra bangsa serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana bentuk adaptasi yang dilakukan oleh industri perfilman Indonesia mampu memengaruhi peningkatan pendapatan negara, baik melalui jalur langsung seperti pajak hiburan dan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), maupun secara tidak langsung melalui penciptaan lapangan kerja, investasi, dan sektor pendukung lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan literatur review, dengan mengumpulkan data sekunder dari jurnal ilmiah, laporan pemerintah, publikasi lembaga riset, dan media terpercaya. Kajian literatur difokuskan pada dinamika perkembangan film nasional, kebijakan pemerintah, serta respons industri terhadap perubahan perilaku konsumen, teknologi digital, dan persaingan dengan film impor. Hasil studi menunjukkan bahwa adaptasi industri film Indonesia melalui peningkatan kualitas produksi, distribusi digital, eksplorasi genre lokal, serta kolaborasi internasional telah meningkatkan jumlah penonton film lokal secara signifikan. Hal ini berdampak langsung pada pendapatan bioskop, peningkatan transaksi sektor kreatif, dan kontribusi terhadap pendapatan negara. Selain itu, keberhasilan film-film lokal dalam meraih jutaan penonton di dalam negeri menunjukkan adanya potensi besar dalam industri ini, tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai instrumen ekonomi nasional. Namun dibalik keberhasilan dan peningkatan perfilman Indonesia terdapat beberapa tantangan yang menjadi pertimbangan untuk terus menigkatkan perfilman Indonesia agar dapat bersaing dengan produk film lainnya. Dengan dukungan kebijakan yang tepat dan inovasi berkelanjutan, adaptasi industri perfilman Indonesia berpeluang menjadi salah satu pilar utama dalam penguatan ekonomi kreatif dan peningkatan pendapatan nasional di masa depan.
Downloads
References
1. Maulana, R., & Abdullah, Y. (2023). Ekonomi Kreatif dan Potensi Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Industri Kreatif. JMEB: Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 60-69.
2. Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SUMBER INSPIRASI INOVASI INDUSTRI KREATIF. SENADA, 292-301.
3. Putri, I. P., Nuraeni, R., Christin, M., & Sugandi, M. S. (2017). INDUSTRI FILM INDONESIA SEBAGAI BAGIAN DARI INDUSTRI KREATIF INDONESIA. JURNAL LISKI, 24-42.
4. Awalia, N. R., Mulatsih, S., & Priyarsono, D. S. (2013). ANALISIS PERTUMBUHAN TEKNOLOGI, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN EKSPOR SEKTOR INDUSTRI KREATIF INDONESIA. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembanguan, 135-155.
5. Rismayanti, R. (2021). Pembentukan Konsep Diri Remaja Penonton Film Dilan 1990 di Yogyakarta. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 105-122.
6. Ardiyanti, H. (2017). PERFILMAN INDONESIA: PERKEMBANGAN DAN KEBIJAKAN, SEBUAH TELAAH DARI PERSPEKTIF INDUSTRI BUDAYA. Kajian, 79-95.
7. Handoyo. (2025, Mei 13). Diambil kembali dari Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/jumbo-pecahkan-rekor-jadi-film-animasi-asia-tenggara-terlaris-sepanjang-masa
8. Gunawan , P. (t.thn.). REKOMENDASI UNTUK PEMERINTAH MENUJU SEPULUH TAHUN BADAN PERFILMAN INDONESIA 2014-2024. Badan Perfilman Indonesia .
9. Nuryakkin , C., & Smith , J. (t.thn.). Dampak Ekonomi Industri Layar di Indonesia - Sebuah Peluang . PwC dan LPEM FEB UI.
10. Panggaru , G. (t.thn.). Rekomendasi Untuk Pemerintah Menuju Sepuluh Tahu Badan Perfilman Indonesia 2014-2024. Badan Perfilman Indonesia .
11. Andi , D. (2024, Maret 30). Kemenparekraf : industri Perfilman Berdampak Besar Bagi Ekonomi & Pariwisata Nasional. Diambil kembali dari Kontan.co.id: https://amp.kontan.co.id/news/kemenparekraf-industri-perfilman-berdampak-besar-bagi-ekonomi-pariwisata-nasional
12. Arrofiqi, A. U. (2023, Februari 24). Potensi Industri Film, Penyumbang Pendapatan Nasional . Diambil kembali dari GEOTIMES : https://geotimes.id/opini/potensi-industri-film-penyumbang-pendapatan-nasional/
13. Wijiharjono, N. (2022). Aspek hukum dan etika bisnis pada industri perfilman nasional. HAL open science.