PERAN FINANCIAL PLANNING DAN BUDGETING DALAM MEMINIMALISIR STRES FINANSIAL MAHASISWA: STUDI KASUS DI UIN BANDUNG
Keywords:
Perencanaan keuangan pribadi, perilaku keuangan mahasiswa, efektivitas penganggaran, stres finansial.Abstract
Artikel ini memiliki tujuan untuk mengkaji bagaimana peran perencanaan keuangan dan penganggaran dapat meminimalisir stres finansial pada mahasiswa UIN Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat stres finansial yang dialami oleh mahasiswa, yang tentunya dapat mempengaruhi keseimbangan antara kondisi mental dan pencapaian akademik mereka di lingkungan kampus. Dengan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan secara baik dan terencana, seperti melalui perencanaan serta penganggaran, diharapkan mahasiswa dapat menurunkan tekanan finansia yang mereka alami dan secara bertahap meningkatkan kualitas hidupnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan studi kualitatif berupa teknik pengumpulan data melalui wawancara online via form yang disebarkan kepada mahasiswa UIN Bandung sebagai responden. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai efektivitas dalam pengelolaan keuangan pribadi untuk mengatasi stres, serta mengenalkan bahwa perencanaan keuangan merupakan aspek yang begitu penting bagi kalangan mahasiswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, khususnya mahasiswa dalam mengelola keuangan pribadi, sehingga dapat membantu dalam mengurangi tekanan finansial dan meningkatkan kualitas hidup selama masa perkuliahan.
Downloads
References
1. Al-Quran Surah al-Isra’ [17]: 26-27.
2. Gitman, L. J. (2014). Principles of managerial finance (14th ed.). Pearson Education.
3. Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5.
4. Parindra, K. (2020). Hubungan antara self-control dan mental budgeting dengan impulsive buying pada mahasiswa perantauan. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=budgeting+mahasiswa&btnG=#d=gs_qabs&t=1748066276308&u=%23p%3D-oHkpWC-MC0J.
5. Ross, S. E., Niebling, B. C., & Heckert, T. M. (1999). Sources of stress among college students. College Student Journal, 33(2), 312–317.
6. Waluyo, F. I. A., & Marlina, M. A. E. (2019). Peran literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan mahasiswa: Indonesia. Media Akuntansi dan Perpajakan Indonesia, 1(1), 53-74. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=budgeting+mahasiswa&btnG=#d=gs_qabs&t=1748066364924&u=%23p%3DeuQPQEbSb-EJ