PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM NEGOSIASI BISNIS DIGITAL: STUDI KASUS ANALISIS KONTEN TIKTOK PLAYWORKS STORE
Keywords:
Komunikasi bisnis digital, negosiasi, komunikasi verbal dan nonverbal, pemasaran TikTok, strategi komunikasi.Abstract
Artikel ini ini membahas bagaimana komunikasi verbal dan nonverbal memainkan peran krusial dalam negosiasi bisnis digital, khususnya dalam pemasaran melalui platform TikTok. Penelitian ini berfokus pada konten Playwork Store, yang menunjukkan bahwa strategi komunikasi yag tepat dapat meningkatkan interaksi antara penjual dan calon pembeli. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa komunikasi verbal, seperti sapaan yang ramah, ajakan langsung dan narasi yang menyakinkan dapat menciptakan kedekatan dengan audiens. Sementara itu, komunikasi nonverbal, seperti Gerakan tangan, ekspresi wajah dan intonasi suara juga dapat membantu membangun kredibilitas dan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dipromosikan. Keberhasilan pemasaran digital bukan hanya tentang produk yang ditawarkan, tetapi juga bagaimana sebuah merk menyampaikan pesan dan berkomunikasi dengan audiensnya. Penelitian ini juga memberikann wawasan yang bermanfaat bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan strategi pemasaran digital yang lebih interaktif, persuasif dan relevan diera modern.
Downloads
References
1. Agustina, F. S. P. (2024) Pengaruh aplikasi TikTok terhadap ekspresi komunikasi verbal dan noverbal mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
a. Jurnal Komunikasi, 2(7), 526-530.
2. https://jkm.my.id/index.php/komunikasi/article/download/83/92
3. Anom, E. (2004). Komunikasi dalam negosiasi bisnis. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu
a. Komunikasi, 1(2), 78-85.
4. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/9?utm
5. Filario. (2024, Oktober 15). Evolusi komunikasi nonverbal dalam platform video pendek: kajian literatur tentang fenomena TikTok dan Instagram Reels 2020-2024. Lentera24. https://www.lentera24.com/2024/10/evolusi-komunikasi-non-verbaldalam.html
6. Ganesha Kreasi semesta. (2025, Maret 21). Komunikasi bisnis di era digital: meningkatkan keterampilan berbicara dan negosiasi (Jilid 1).
7. https://ganeshakreasisemesta.com/2025/03/21/buku-komunikasi-bisnis-di-eradigital-meningkatkan-keterampilan-berbicara-dan-negosiasi-jilid-1/ Kurniadi, A. (20210. Pengaruh emosi positif dan promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsive. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1-10.
8. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/viewFile/37107/28722?utm
9. Md Yusuf, A. H. S., & Mohd Abas, N. (2024) Exploring the impact of language in advertising on consumer’s purchase intentions: A thematic literature analysis. International Journal of Research and innovation in Social Science (IJRISS), 8(9), 1867-1873. https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2024.8090297
10. Mulachela, s. A. (2022, Oktober 7). Pentingnya komunikasi verbal dan nonverbal dalam negosiasi bisnis. Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB.
11. Petty, R.E., & Cacioppo, J.T. (1986). The elaboration likekihood model of persuasion. In
a. L. Berkowitz (Ed), Advances in Experimental Social Psychology (Vol.19, pp. (123-
12. 205). Academic Press. https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60214-2
13. Prayogi, D. (2023). Kontruksi bentuk - bentuk komunikasi dan identitas diri konten kreator pada media social TikTok dalam dunia virtual. Scientia Journal, 6(2), 4560.
a. https://forum.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/download/8377/3 694/33861
14. Rofiah, S. (2024). First “3 Second” Impression of TikTok Marketing Strategy. ResearchGate.
15. https://www.researchgate.net/publication/381101465_First_3_Second_Impression _of_Tiktok_Marketing_Strategy