ANALISIS KOMUNIKASI SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK: STUDI KASUS NOBITAKOYAKI
Keywords:
Komunikasi Syariah, Keputusan Pembelian, Konsumen Muslim, Pemasaran Islami, UMKM.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan komunikasi syariah terhadap keputusan pembelian konsumen pada usaha kuliner mikro Nobitakoyaki di Kota Bandung. Komunikasi syariah, yang menekankan nilai-nilai kejujuran, kesopanan, dan keberkahan sesuai ajaran Islam, menjadi pendekatan etis yang digunakan dalam interaksi bisnis. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap empat informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi syariah diapresiasi oleh konsumen, namun tidak selalu menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan pembelian. Faktor seperti kualitas produk, rasa, dan rekomendasi sosial cenderung memiliki pengaruh lebih besar. Meski begitu, adanya identitas Islami pada pelayanan dan promosi tetap memberikan citra positif dan rasa percaya terhadap produk. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan komunikasi syariah dapat memperkuat posisi usaha di pasar, terutama dalam komunitas Muslim, dengan tetap memperhatikan kualitas produk sebagai faktor utama dalam mempertahankan loyalitas konsumen.
Downloads
References
1. Ariska, I. (2018). Pengaruh Preferensi dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Bersertifikasi Halal. Dk, 53(9), 1689–1699.
2. Berlo, D. K. (1960). The Process of Communication. New York: Holt, Rinehart and Winston.
3. Engel. (2018). Landasan Teori Keputusan Pembelian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–18.
4. Firmansyah, R. (2023). Islam dan Komunikasi. Ibda` | Vol. 2 | No. 1 | Jan-Jun 2004 | 8-26, 77–79.
5. Mulyana, D. (2008). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
6. Ii, B. A. B., Teori, A. D., & Islam, K. (2011). Deskripsi Teori , Komunikasi Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
7. Panji Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap. Excellent, 7(2), 143–152. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent%0Ahttps://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793
8. Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations (3rd ed.). New York: The Free Press
9. Siregar, F. S., & MA, D. S. (2024). Will Indonesia Surpass Malaysia in SGIE? Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 918. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12250
10. Soleh, A. (2017). Makna komunikasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
11. Sugiyono. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
12. Undhar, L. (2020). Perbandingan Komunikasi Islam Dan Barat. -, PERBANDINGAN KOMUNIKASI ISLAM DAN BARAT, 1–16.
13. Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424