PENGARUH KOMUNIKASI ETIS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BISNIS SYARIAH

Authors

  • Azahra Fitriyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Alifa Rahma Izzatunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Etis, Kepercayaan Konsumen, Bisnis Syariah, Transparansi, Etika Bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi etis terhadap kepercayaan konsumen dalam konteks bisnis syariah. Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, kepercayaan konsumen menjadi salah satu aset terpenting bagi keberlangsungan usaha, terutama dalam bisnis berbasis syariah yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika Islam. Komunikasi etis mencakup penyampaian informasi yang jujur, terbuka, tidak menyesatkan, serta memperhatikan nilai-nilai kebenaran dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden yang merupakan konsumen dari berbagai jenis usaha syariah, seperti koperasi syariah, bank syariah, dan usaha ritel halal. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana untuk menguji hubungan antara komunikasi etis dan tingkat kepercayaan konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi etis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Semakin tinggi tingkat etika dalam komunikasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis syariah, semakin besar pula tingkat kepercayaan yang diberikan oleh konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip komunikasi etis tidak hanya menjadi kewajiban moral, tetapi juga strategi bisnis yang efektif dalam membangun loyalitas dan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pelaku bisnis syariah untuk meningkatkan kualitas interaksi dan pelayanan mereka melalui praktik komunikasi yang berlandaskan etika Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Hendra Rofiullah, Ahmad, and Kurnia Riesty. 2023. “Manajemen Pemasaran Dalam Perspektif Maslahah Mursalah.” Esa 5(2):10–18. doi: 10.58293/esa.v5i2.55.

2. Hidayati, Dian, Muhammad Iqbal Fasa, and Is Susanto. 2024. “KONSUMEN DI BANK SYARIAH THE INFLUENCE OF SHARIA MARKETING ON CONSUMER TRUST IN.” (November):7545–58.

3. Komunikasi, Magister, and Universitas Al-azhar Indonesia. 2024. “STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS UNTUK MENDAPATKAN.” 9(2):164–83.

4. Maryani, Esti, and Nansi Rianindita. 2024. “Analisis Manfaat Penerpan Prinsip Dan Kode Etik Dalam Bisnis.” Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics 1(1):20–25. doi: 10.59407/jdedte.v1i1.463.

5. Regita Fatricia Agustina, M.Celvin Febrian Syafei, Sunandie Eko Ginanjar, and Siti Aninditya. 2024. “Kepercayaan Kepuasan Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Barang Di Aplikasi Online Shop.” Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen 2(1):261–72. doi: 10.59031/jkpim.v2i1.351.

6. Sahabuddin, Romansyah, Hery Maulana Arif, Winda Lestari, and Elin Alviolin. 2024. “Transparansi Informasi Sebagai Mediator Dalam Hubungan Etika Pemasaran Digital Dan Kepercayaan Konsumen Di E-Commerce.” 2(1):27–37.

7. Sari, Afna Fitria. 2020. “Etika Komunikasi.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 1(2):127–35. doi: 10.35961/tanjak.v1i2.152.

8. Yudiana, Fetria Eka. 2015. “Memahami Teks Dan Konteks Al-Qur’an Tentang Komunikasi Bisnis.” Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6(1):1. doi: 10.18326/muqtasid.v6i1.1-24.

9. Zakna, Vira Aulia, and Nur Elfi Husda. 2025. “Pengaruh Kepercayaan , Kepuasan Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Ms Glow Di Kota Batam.” 05(01):146–55.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check