INTEGRASI NILAI - NILAI SYARIAH DALAM STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DI SEKTOR RITEL HALAL
Keywords:
Nilai Syariah, Komunikasi Bisnis, Ritel Halal, Kepercayaan Konsumen, Pemasaran EtisAbstract
Penelitian ini membahas integrasi nilai-nilai syariah dalam strategi komunikasi bisnis di sektor ritel halal. Seiring meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk yang etis dan sesuai dengan prinsip agama, penerapan nilai-nilai syariah seperti kejujuran (ṣidq), amanah (amānah), keterbukaan (tablīgh), dan kemaslahatan (maslahah) menjadi penting dalam praktik pemasaran dan pencitraan merek. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka dan analisis kasus, artikel ini mengkaji bagaimana nilai-nilai etika Islam tertanam dalam pesan bisnis, aktivitas promosi, dan interaksi dengan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang sesuai syariah tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen, tetapi juga mendukung keberlanjutan pasar jangka panjang. Integrasi nilai-nilai tersebut memberikan keunggulan kompetitif bagi pelaku usaha ritel halal dalam membedakan diri di tengah pasar yang semakin berorientasi pada nilai. Studi ini memberikan wawasan strategis bagi pengusaha halal, pemasar, dan pembuat kebijakan untuk membangun hubungan konsumen yang otentik melalui komunikasi yang berbasis nilai.
Downloads
References
1. Ardiyanto, Arif. 2011. “Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan UMKM.” 23(2):115–22.
2. Maksudi, Bahrudin, and Nasruddin. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sertifikasi Halal Dalam Upaya Pemenuhan Kepuasan Konsumen.” 9(01):825–40.
3. Muna, Arina Nailil, and Khusnul Fikriyah. 2024. “PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RESTORAN TA WAN DI KOTA SURABAYA.” 7:24–35.
4. Naulibasa, Gitta Vania, and Aira Putri E. D. 2025. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Dalam Mendorong Penjualan Pada Warung Sate Official Di Jakarta ( Utilization of Social Media as a Marketing Tool to Increase Continuous Sales at Warung Sate Official in Jakarta ).” 2(1):11–21.
5. Nursanti, Siti, and gumilar gun Gun. 2020. “Pendekatan Marketing Mix Pada Penjualan Online Melalui Media Sosial.” Ilmu Politik Dan Ilmu Komunikasi 5(1):113–31.
6. Pahlevi, Muhammad Reza, and Aminah Swarnawati. 2024. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Pada PT Albis Nusa Wisata Di Jakarta.” 2(4).
7. Qizwini, Jimmi, and Reny Fitriana Kaban. 2024. “Inovasi Pemasaran Islami : Menarik Konsumen Muslim Di Era Digital.” 3(2):552–69. doi: 10.59580/iesbir.v3i2.8880.
8. Rehatalanit, Y. L. R. 2021. “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis.”
9. Sarkawi. 2022. “Bentuk Komunikasi Dalam Perspektif Islam Forms of Communication in Islamic Perspective.” 1:80–91.