PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARNESS (STUDI KASUS PADA CAMILLE BEAUTY)
Keywords:
TikTok, Strategi Pemasaran Digital, Camille Beauty, Kesadaran Merek, Keterlibatan PenggunaAbstract
Perkembangan di era globalisasi membuat banyak peluang dan tantangan yang terjadi di dalam dunia industri pada saat ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TikTok yang optimal oleh Camille Beauty dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperkuat citra merek. Dengan demikian, TikTok telah muncul sebagai platform media sosial yang penting dan strategis dalam pengembangan strategi pemasaran digital yang adaptif dan inovatif di era digital saat ini. Beberapa strategi pemasaran untuk membangun kesadaran merek untuk produk Camille Beauty melalui platform TikTok meliputi, pertama, Camille Beauty membuat konten yang menarik dan kreatif, seperti video penggunaan produk, tutorial perawatan kulit, dan konten informatif tentang produk mereka; kedua, menerapkan penggunaan tagar yang relevan terkait dengan produk mereka dan industri kecantikan secara umum; dan ketiga, memanfaatkan fitur live pada TikTok yang sangat membantu Camille Beauty dalam mempromosikan produknya secara langsung melalui jaringan online.
Downloads
References
1. Nurilita, N. R. (2024). Pengaruh Konten Akun TikTok @ndshvv terhadap Brand Image Camille Beauty pada Beauty Enthusiast Mahasiswa Komunikasi UII Yogyakarta Angkatan 2020 [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]. UII Repository.
2. Purnama, R. R., Sucianti, T., Nadwan, H., & Rachmawati, D. (2022). Keberhasilan UMKM Camille Beauty berbasis ekonomi kreatif dalam mengurangi pengangguran dihubungkan dengan Peraturan Gubernur Nomor 84 Tahun 2021 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humaniora, 1(1), 1–25.
3. Andjani, S., Sari, D. K., & Hariasih, M. (2025). Keputusan pembelian ditinjau dari social media marketing, viral marketing, serta brand awareness pada produk Camille Beauty. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 9(1), 76–79.
4. Anggraini, F. T., & Habib, M. A. F. (2024). Analisis penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awareness: Studi kasus pada UKM Vebcake Tulungagung. Jurnal El-Mal: Media Manajemen dan Bisnis Islam, 5(3), 1767–1789. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.5393
5. Permana, E., Ahyani, S., Ramadhanti, D., & Ananda, D. (2023). Strategi pemasaran dalam membangun brand awareness produk Camille Beauty melalui platform TikTok. Co-Creation: Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis, 2(2), 90–98. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/index