STRATEGI MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PADA UMKM SYARIAH DI INDONESIA: ANTARA NILAI ISLAMI DAN TANTANGAN DIGITAL (STUDI KASUS AYAM GEPREK CIMET)

Authors

  • Cahyaning Dwi Saputri UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Irhan Iskandar Lubis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Strategi komunikasi krisis, Tantangan literasi digital, Etika bisnis Islam, UMKM yang sesuai dengan syariah, Manajemen komunikasi strategis

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Syariah berperan signifikan dalam mempertahankan kesehatan perekonomian Indonesia sekaligus mengembangkan ekosistem ekonomi berbasis syariah. Setiap UMKM Syariah memiliki tantangannya sendiri seiring dengan perkembangan digital dan arus informasi yang cepat, salah satunya adalah pengelolaan operasional dan krisis reputasi yang sangat berisiko terkena dampak media sosial. Penelitian ini menganalisis Ayam Geprek Cimet di Bandung untuk mengeksplorasi strategi manajemen krisis komunikasi pada UMKM Syariah. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus kualitatif setelah melakukan wawancara dengan pemilik usaha mengenai cara-cara mereka berkomunikasi dan menghadapi krisis. Data dianalisis menggunakan analisis tematik setelah melakukan wawancara semi-terstruktur. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan selama krisis sifatnya informal dan berbasis nilai Islami seperti kejujuran, amanah, tawakkal, dan ikhlas. Biasanya, strategi ini sangat mengandalkan internal introspeksi dan perbaikan tanpa banyak keterlibatan di lingkungan digital publik. Metode ini dapat dipakai untuk mempertahankan kontrol personal dengan relasi dan pelanggan, namun terdapat keterbatasan literasi digital, serta ketidaksiapan untuk tanggap menghadapi krisis secara strategis. Sehingga penelitian ini menekankan perlunya secara langsung untuk bertindak dalam memperbaiki sistem manajemen dengan mengintegrasikannya pada nilai-nilai Islam dan komunikasi di dalam sistem manajemen krisis yang lebih terencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aldo, R., Mutia, A., & Nazori, M. (2022). Implementation of Islamic Business Ethics In Small And Medium Micro Enterprises (Msmes) In Jambi City. Journal of Management and Business Innovations, 4(02), 47. https://doi.org/10.30829/jombi.v4i02.12874

2. Arindra, F. (2024). THE SITUATIONAL CRISIS COMMUNICATION THEORY : STUDI LITERATUR. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.

3. Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. http://eprints.uwe.ac.uk/11735/2/thematic_analysis_revised_- _final.pdf

4. Fearn-Banks, K. (2017). Crisis Communication: A Casebook Approach (5th ed.). Routledge.

5. Hamdani M. Syam, Azman, D. Y. (2022). Komunikasi Krisis Strategi Menjaga Reputasi Bagi Organisasi Pemerintah. 114.

6. Handayani, L. (2018). NILAI-NILAI EKONOMI DAN ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM. El-Iqtishod, 2(1), 91–102.

7. Limanseto, H. (2025). Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA.

8. Londa, Y. L., Wijaya, W. A., Sagala, R., & Tunjung, I. W. (2024). Total quality management. Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(8).

9. Nurlia, Evi Maulida Yanti, T. A., & Fuadi, U. F. (2024). Memberdayakan umkm syariah (H. Kaswinata & Rahmawati (eds.)). AZ-ZAHRA MEDIA SOCIETY. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33942.05442

10. Prastya, N, M. (2011). Komunikasi Krisis di Era New Media dan Social Media Narayana Mahendra Prastya Mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 6(1), 1–20. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6374

11. Rifka Juliana, Sakhyan Asmara, D. K. (2022). MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PEMBERITAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI BARANG KEBUTUHAN PO. Jurnal KomunikA, 18(2), 46–54.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check