PERAN KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS DIERA DIGITAL

Authors

  • Eliza Sri Anggaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Revana Sulistiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Digital, komunikasi Bisnis, kepercayaan, Loyalitas, syariah.

Abstract

Dalam time globalisasi yang ditandai dengan persaingan bisnis yang ketat, komunikasi bisnis yang ketat komunikasi bisnis yang efektif menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Artikel ini membahas peran komunikasi bisnis syariah dalam meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan di priod advanced. Dengan menerapkan nilai-niali islam seperti kejujuran, keterbukaan, Amanah, dantanggung jawab sosial, tetapi juga sebagai strategi jangka panjang untuk membangun loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yang memungkinan penelitian untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjaukan bahwa komunikasi dalam bisnis syariah berlandakan pada prinsip islam yang menciptakan interaksiyang etis dan saling menguntungkan. Kepercayaan pelanggan, yang merupakan faktor kuci dalam hubungan bisnis, dapat dibangun melalui komunikasi yang transparan dan konsisten. Dengan demikian, komunikasi bisnis syariah terbukti memberikan kontribusi yang signifikan dalam membangun loyalitas pelanggan yang tidak hanya bersipat pragmatis, tetapi juga berbasis pada nilai dan kepercayaan, serta diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam komunikasi di time advanced 

Downloads

Download data is not yet available.

References

E-issn, V. X. V. I. N., Rayhaniah, S. A., Tahir, M. & Karim, Q. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam ISLAMIC COMMUNICATION AND INFORMATION PRINCIPLES IN DIGITAL PLATFORMS : THE CASE OF ONLINE BUYING AND SELLING ON TOKOPEDIA. XVI, 147–168 (2024).

2. Manajemen, J. R., Ekonomi, A., Pada, K., Pendidikan, D. & Cirebon, K. Jurnal Riset Manajemen , Bisnis , Akuntansi dan Ekonomi. 2, 51–82 (2023).

3. Paramesti, A. & Setyanto, Y. Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi. Kiwari 1, 62 (2022).

4. Utami, T. D. & Kurnia, K. Peran Komunikasi Produk Dalam Mempertahankan Kepercayaan Konsumen Janji Jiwa. Inter Scr. J. Creat. Commun. 4, 15 (2022).

5. Zhiming, Z., Tao, C., Hailiang, C. & Qianyi, D. Journal of business management studies. J. Bus. Manag. Econ. 1, 23–30 (2013).

6. Amry, A. D., Mutia, T., Tania, L., Lestari, A. & Nabila, D. R. Tantangan dan Peluang Etika Bisnis Islam Dalam Strategi Pemasaran Pengusaha Muslim Kota Jambi Di Era Digitalisasi Challenges and Oppotrunities Of Islamic Bussines Ethics In The Marketing Strategy Of Muslim Enterprenues In The City Of Jambi In The Era Of D. 7, 196–202 (2024).

7. Rochmad, R., Yusuf, A. M. & Mulyana, R. Impact of Electronic Customer Relationship Management and Quality Moderated by Sharia Compliance on Loyalty (Study on Islamic banks in Jakarta). Tazkia Islam. Financ. Bus. Rev. 17, 81–101 (2024).

8. Muchammad Nur Andie Setyawan. Komunikasi Sebagai Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Loyalitas Pelangga pada Konter Paket Data Internet Kecamatan Peterongan Jombang. SOSMANIORA J. Ilmu Sos. dan Hum. 2, 551–557 (2023).

9. Putri, M. E. PUBLIK UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK DAN JASA ( KLINIK DERMALOVE.

10. Islamuddin, N. F., Rosilawati, W. & Purnamasari, F. DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( http://id.taxiMaxim.com) dikatakan bahwa Maxim memulai karir perusahaannya dari yang dapat mempermudah seseorang ke tempat tujuannya . Kini pada jasa transportasi. Bus. Entrep. J. 5, 1–13 (2024).

11. Islam, U., Banda, N. A. & Kurnia, C. A. Efektivitas Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Warung Kopi di Banda Aceh ( Studi Kasus pada Donya Kupie ). 1, (2021).

12. Bengkulu, U. M. KONSUMEN. 2, 1908–1916 (2025).

13. Hakim, A. S. & Nisa, F. L. Pengembangan Ekonomi Syariah: Tantangan dan Peluang di Era Digital. J. Rumpun Manaj. dan Ekon. 1, 143–156 (2024).

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check