PERAN KOMUNIKASI HUMANIS DAN ETIS DALAM RESILIENSI FILANTROPI ISLAM: STUDI RUMAH AMAL SALMAN BANDUNG
Keywords:
Etika Islam, Filantropi, Komunikasi Humanis, Pelayanan Sosial, Rumah Amal Salman.Abstract
Melalui studi kasus Rumah Amal Salman, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki metode komunikasi humanis dan etis dalam kegiatan amal islam. Mengingat meningkatnya kebutuhan akan layanan sosial yang etis dan responsive, organisasi amal harus mampu menerapkan konsep komunikasi yang menghormati etika islam dan nilai-nilai manusia, selain memiliki sistem manajemen yang efesien. Menggunakan Teknik tinjauan literatur, penelitian ini mengambil penedekatan kualitatif deskriptif. Dokumen dar situs web resmi Rumah Amal Salman dan sumber-sumber akademik lain yang berkaitan dengan filantropi islam dan komunikasi yang dianalisis. Menurut temuan studi ini, Rumah Amal Salman memanfaatkan teknologi digital, pendekatan personal dan transparansi dalam pengelolaan dana untuk mencapai komunikasi yang berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan. Jujur, adil dan tanggung jawab sosial merupakan landasan etika islam yang meresapi setiap layanan yang berikan kepada pemberi dan penerima. Hasil ini menyoroti betapa pentingnya menggabungkan prinsip-prinsip spiritual dengan teknik komunikasi modern guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap organisasi amal islam di era digital modern.
Downloads
References
1. Cizakça, M. (2000). A History of Philanthropy in Islam: From the Prophet to the Fall of The Ottomans. Osmanlı Araştırmaları Vakfı.
2. Fadlillah, Nurfadlillah. (2021). Strategi komunikasi lembaga zakat dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 120-134.
3. Mahfud, Choirul. (n.d.). Humanizing zakat: Pendekatan komunikasi humanis dalam pengelolaan zakat produktif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17 (1), 45–59.
4. Nugroho, R. (2020). Digitalisasi filantropi Islam: Peluang dan tantangan zakat di era revolusi industri 4.0. Urnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 6 (2), 112–122.
5. Rogers, Ransom, C. (1951). Client-centered therapy: Its current practice, implications and theory.
6. Rumah Amal Salman. (2024). Tentang kami. https://rumahamal.org/tentang-kami/
7. Saputri, R., & Mulyana, D. (2021). Komunikasi Etis dalam Pengelolaan Zakat pada Lembaga Filantropi Islam di Indonesia. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 15(2), 205-219
8. Sari, Dewi Andriani, & Nurohman, M. (n.d.). Akuntabilitas dan transparansi komunikasi dalam lembaga zakat: Studi pada LAZ XYZ. Jurnal Ekonomi Islam, 9(3), 203–215.
9. Shihab, A. (1998). Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Mizan.
10. Yusanto, Muhammad Ismail. (2017), Fikih komunikasi: Prinsip dan Praktik Komunikasi Islami. Remaja Rosdakarya