PERAN BUDGETING DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA GEN Z: STUDI LITERATUR
Keywords:
Budgeting, Keuangan Mahasiswa, Generasi Z, Literasi Keuangan, Aplikasi KeuanganAbstract
Pengelolaan keuangan merupakan tantangan penting bagi mahasiswa Generasi Z yang tumbuh di tengah kemajuan teknologi digital. Studi literatur ini membahas peran budgeting dalam membantu mahasiswa Gen Z mengelola keuangan pribadi secara efektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa praktik penganggaran dapat meningkatkan disiplin keuangan, membantu membedakan kebutuhan dan keinginan, serta mencegah perilaku konsumtif yang dipicu oleh kemudahan akses teknologi dan tekanan media sosial. Namun, rendahnya literasi keuangan, gaya hidup konsumtif, kurangnya disiplin, dan ketergantungan pada dana orang tua menjadi hambatan utama dalam penerapan budgeting. Penelitian ini juga mengidentifikasi strategi efektif, seperti penggunaan aplikasi keuangan, penerapan metode budgeting yang sesuai, serta pentingnya evaluasi anggaran secara berkala. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa, institusi pendidikan, dan peneliti dalam meningkatkan literasi serta praktik pengelolaan keuangan di kalangan Generasi Z.
Downloads
References
1. Ansori, A. M. (2024). Mencari Tambahan Ilmu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 137-144.
2. Astungsari, A. A. (2025). GENERASI Z DAN KEMANDIRIAN FINANSIAL? PERAN FRUGAL LIVING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 1-9.
3. Buderini, L. A. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN PENDAPATAN TERHADAP KEMAMPUAN PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA GENERASI Z. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi p, 90-101.
4. Haris, M. F. (2025). Pengaruh Gaya Hidup dan Pengendalian Keuangan Terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Pekerja di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Angkatan 2021. Jurnal Bisnis Mahasiswa.
5. Liwanto, L. M., & Setyani, A. Y. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana. Jurnal of Accounting and Finance Management, 413-422.
6. Matti. (2023, 10 23). 100 ways to save money at university.
7. Mengga, G. S. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, E-MONEY, GAYA HIDUP DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA. Jurnal Riset Ekonomi dan Akuntansi (JREA), 44-58.
8. Museliza, V. I. (2025). Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Generasi Z. Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 22-27.
9. Qurotianti, A. (2024, Oktober 19). 8 tips meningkatkan literasi keuangan bagi gen z: menghadapi masa depan dengan bijak.
10. Setiawan, A. B. (2024). Krisis Keuangan: "mengapa generasi Z kesulitan menabung".
11. Sholikah, M. E. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Persepsi Kemudahan dan Gaya Hidup Gen Z terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay (Survei pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi, 19-41.
12. Ulfha, S. M., Radiyanti, R., Muliadi, W., Yunianingsih, Y., Asyifa, N. L., & Alfiansyah, M. (2025). Edukasi Keuangan untuk Generasi Z dalam Merancang Masa Depan Tanpa Utang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 8-15.
13. Wardanu, A. P., Oktaviani, F., Puspasari, S. A., & Siswanto, E. (2025). PENGARUH TEKNOLOGI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN (STUDI PADA PENGGUNAAN E-WALLET PADA MAHASISWA S2 UNIVERSITAS NEGERI MALANG). Jurnal of Business, Management and Accounting, 611-618.
14. Wiwik, V., Khomas, F., & Sumartono, B. G. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN BIAYA HIDUP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNTAN PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-8.
15. Wulandari, D. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup, dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Surakarta. Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 230-239.